Mengulik Kawasan Sentul yang Penuh Pesona

Sentul

Sentul merupakan sebuah wilayah di Kecamatan Babakan Madang, Bogor, Jawa Barat. Lokasinya berada di kaki pegunungan Jonggol. Meski wilayah ini masuk dalam kategori desa, infrastrukturnya sangat memadai dan modern. Bahkan, wilayah ini juga populer di kalangan warga Jabodetabek untuk berwisata di akhir pekan.

Lokasi yang strategis dan nyaman menjadikan wilayah ini diincar oleh pencari hunian baru. Tak ayal, developer pun ramai-ramai membangun kompleks perumahan yang bernuansa modern di sini. Sebut saja seperti Ciputra Group, Summarecon, PT Sentul City Tbk, Harita Group, dan masih banyak lagi.

Kelebihan Sentul

Wilayah ini pada tahun 1999 hingga 2006 menjadi pusat pemerintahan dari Kecamatan Babakan Madang. Ini merupakan salah satu faktor mengapa nama Sentul dikenal banyak orang dan wilayahnya ramai. Hingga pusat pemerintahan dipindahkan, wilayah ini malah semakin terkenal karena terpilih menjadi lokasi Sirkuit Internasional Balap Mobil Sentul.

Lokasi Sentul sendiri strategis karena dekat dengan Jakarta dan Bogor. Warga bisa berpindah area dengan mobil pribadi ataupun kendaraan umum berkat infrastruktur yang memadai. Suasana di kawasan ini pun masih asri dan didominasi pepohonan, bukannya gedung bertingkat. Keadaan ini sangat cocok untuk pencari rumah baru yang memiliki gaya hidup seimbang dan sehat.

Tren Harga Properti di Sentul

Harga properti di wilayah ini masih bervariasi. Ada yang mulai dari ratusan juta rupiah, ada juga yang di atas 2 miliar rupiah. Tren harga propertinya sendiri cenderung naik setiap tahun. Pada tahun 2021 di Q4, indeks harga rumah di Sentul tercatat ada kenaikan sebesar 5,7%. Angka ini bahkan melebihi kenaikan harga properti di Kabupaten Bogor.

Harga tanah per meter persegi di wilayah ini pun mulai melonjak. Tanah di sini banyak dijual mulai dari harga Rp 5 jutaan per meter persegi hingga belasan juta per meter persegi, tergantung pada lokasi dan fasilitas di sekitarnya.

Untuk Anda yang mencari rumah, ada beberapa pilihan kompleks perumahan yang tengah diminati masyarakat. Di antaranya adalah Citra Sentul Raya, Park Avenue, dan Samira Residence. Kompleks perumahan di atas memiliki desain minimalis modern dengan 2 lantai.

perumahan yang asri di kawasan Sentul, BogorSumber gambar: shutterstock.com

Fasilitas Umum yang Tersedia

Bicara soal fasilitas umum, Sentul layak mendapatkan predikat one stop living. Untuk urusan kesehatan, ada RS JMC Babakan Madang dan RS EMC Sentul. Lalu, setidaknya ada 13 sekolah yang terdaftar dalam situs Kementerian Pendidikan dan Budaya. Di antaranya ada sekolah unggulan dan swasta seperti SMA Nasional Plus BPK Penabur Bogor, MAS Al Munadi, SMA Insan Cendekia Boarding School, SMA Taruna Bangsa, SMAS Pelita Harapan, dan lainnya.

Untuk pusat perbelanjaannya ada AEON Mall dan Bellanova Country Mall. Kedua pusat perbelanjaan ini tidak hanya ramai dikunjungi warga Sentul, tapi juga oleh warga Jabodetabek. Wilayah ini juga memiliki tempat wisata alam plus kuliner yang hits. Beberapa yang terkenal adalah Tumbuhejo Farm, Sawah Segar, Mandapa Kirana Resort, Jungle Land Adventure Theme Park, Air Terjun Bidadari, dan Pemandian Air Panas Gunung Pancar.

Ragam Infrastruktur

Infrastruktur di wilayah ini didukung dengan jalan tol dan transportasi umum. Jalan tol yang melintasi wilayah ini adalah tol Jagorawi yang terhubung dengan Jalan Lingkar Luar Jakarta (JORR). Pengguna kendaraan bisa keluar di gerbang tol Sentul Selatan. Kehadiran jalan tol ini memudahkan akses warga Sentul ke Jakarta dan sebaliknya dengan waktu tempuh sekitar 1 jam.

Sedangkan pengguna transportasi umum memiliki opsi TransJabodetabek dan commuter line. Rute TransJabodetabek dimulai dari Terminal Sentul menuju Blok M dengan total 22 perhentian dan sebaliknya. Jika hendak menggunakan commuter line, pilih jalur Serpong. Stasiun terdekat menuju Sentul adalah Stasiun Daru. Dari stasiun ini, Anda bisa melanjutkan perjalanan ke tempat tujuan menggunakan angkutan umum atau ojek / taksi online.

Prospek Properti di Sentul

Dengan keadaan infrastruktur dan fasilitas umum yang ada saat ini saja sudah membuat harga properti di Sentul meningkat secara signifikan. Apalagi ketika nanti ada penambahan infrastruktur lainnya. Dalam waktu dekat, wilayah ini akan mendapat dukungan tambahan berupa akses Jalan Lingkar Luar Bogor atau BORR yang terkoneksi dengan Jalan Lingkar Luar Jakarta atau JORR.

Tidak ketinggalan, ada pembangunan jalur LRT (Light Rail Transit) hingga Bogor. Rencananya, LRT ini akan beroperasi pada Agustus 2022. LRT ini nantinya akan melewati wilayah Sentul juga. Pada saat LRT jalur Bogor ini sudah beroperasi, warga setempat akan semakin mudah bepergian ke Jakarta dan sebaliknya. Waktu tempuh dari sini ke Jakarta diprediksi hanya membutuhkan sekitar 45 menit. Harga tiketnya juga terjangkau. Kehadiran LRT ini tidak hanya mempermudah mobilitas warga, tapi juga mengurai kemacetan di jalan tol.

Dengan pertimbangan infrastruktur yang semakin berkembang dan suasana wilayah yang asri, Sentul bisa jadi pilihan yang tepat untuk investasi properti jangka panjang oleh semua kalangan. Tentunya, menjadi kawasan hunian yang nyaman juga bagi lansia dan anak-anak.

0
Temukan inspirasi rumah idaman dan dekorasi dengan harga terjangkau