Sawangan, Kawasan Asri dan Berlokasi Strategis di Kota Depok

Sawangan

Sawangan merupakan sebuah kecamatan yang berada di Kota Depok, Jawa Barat dengan luas wilayah 26,19 km². Kawasan ini sangatlah strategis dan sangat mudah dijangkau dari kawasan lainnya seperti Jakarta, Bogor, dan BSD, serta memiliki kondisi alam yang lebih asri. 

Karena hal itulah, kawasan di Depok ini menjadi primadona untuk pembangunan properti baru. Bahkan, kawasan di kota Depok ini pun berhasil menarik sejumlah developer besar seperti Alam Sutera Group yang membangun komplek perumahan baru di kawasan tersebut.

Kelebihan Sawangan

Salah satu yang menjadi keunggulan Sawangan adalah lokasinya yang cukup strategis, berada tepat di sebelah barat Kota Depok dan berbatasan dengan berbagai daerah. Mulai dari berbatasan dengan Kecamatan Limo dan Kota Tangerang Selatan di bagian utara, dengan Kabupaten Bogor di bagian selatan, dengan Kecamatan Bojongsari di sebelah barat, serta berbatasan dengan Kecamatan Limo dan Pancoran Mas di sebelah timur.

Tren Harga Properti di Sawangan

Dikarenakan kawasan ini sudah digarap oleh sejumlah developer ternama, maka tren harga jual properti di Sawangan terus mengalami kenaikan setiap tahunnya sehingga membeli properti di kawasan ini sangatlah pas untuk dijadikan investasi. Saat ini, kisaran harga rata-rata tanah per meternya mulai dari Rp2 juta per meter persegi.  

Di kawasan ini, jenis hunian didominasi oleh rumah tinggal. Umumnya, rumah tinggal tersebut merupakan perumahan baru yang digarap oleh berbagai developer ternama di Indonesia. Yang menarik, ada banyak perumahan baru yang dibuat dengan mengutamakan kualitas serta berada di lingkungan asri. Akan tetapi, dijual dengan banderol terjangkau sehingga bisa menyasar segmen pasar yang lebih luas.

gambar bangunan Mall The Park SawanganSumber gambar: cnbcindonesia.com

Fasilitas Umum

Dikarenakan banyaknya pembangunan perumahan baru yang digarap di daerah Sawangan, fasilitas umum pun terus bertambah. Hal tersebut tentu bisa menunjang kebutuhan warga dan para penghuni di sana. Kawasan ini telah didukung oleh Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD), rumah sakit swasta, puskesmas, serta klinik kesehatan di sekitarnya.

Selain itu, terdapat lebih dari 100 sekolah di kecamatan Sawangan, mulai dari tingkat SD, SMP, hingga SMA yang masing-masing dikelola oleh pihak swasta dan negeri. Beberapa di antaranya, adalah Sekolah Alam Depok, Sekolah Dasar Islam Al Husain, SMP Bina Insan Cendekia, dan SMK Perwira Bangsa.

Untuk pusat perbelanjaan, Anda bisa mengunjungi The Park Mall Sawangan dan Farmers Market di Citra Lake Sawangan. Ada juga beberapa tempat hiburan di sekitar kawasan ini, seperti Taman Wisata Pasir Putih, Pondok Zidane, dan D’Kandang Amazing Farm.

Infrastruktur

Selain fasilitas, infrastrukturnya pun semakin memadai. Untuk menuju kawasan ini, tersedia akses melalui jalan tol Depok – Antasari dan tol Serpong – Cinere. Anda juga bisa menggunakan angkutan umum seperti bus melalui Terminal Sawangan, bahkan mengakses MRT Lebak Bulus menggunakan Bus Perum PPD dari kawasan Gardens at Candi Sawangan.

Prospek Properti

Dengan hadirnya beragam fasilitas dan adanya pembangunan infrastruktur yang memadai, tentunya membuat harga properti di Sawangan semakin kompetitif. Bahkan, banyak pula informasi yang menyebutkan adanya rencana pembuatan monorel di kawasan ini. Hal tersebut membuat properti di kawasan ini semakin diminati, baik oleh peminat properti maupun pihak pengembang. 

0
Temukan inspirasi rumah idaman dan dekorasi dengan harga terjangkau