Mengulik Kawasan Pondok Cabe yang Kini Semakin Berkembang

Pondok Cabe

Kelurahan Pondok Cabe berada di Kecamatan Pamulang, Tangerang Selatan. Wilayah ini belakangan dikenal masyarakat sebagai tempat hunian terjangkau yang lokasinya tidak jauh dari pusat kota. Wilayah ini juga sempat ramai diberitakan karena memiliki Bandar Udara Pondok Cabe yang dijadikan pengganti Bandar Udara Halim Perdanakusuma. 

Sebenarnya, pada beberapa era lalu, wilayah ini selalu dihindari para pencari rumah karena kawasannya sangat macet dan infrastrukturnya kurang memadai. Developer pun enggan membangun proyek perumahan. Namun secara perlahan, infrastruktur di wilayah ini dibenahi oleh pemerintah sehingga kemacetan berkurang dan warganya merasa nyaman. 

Langkah ini menumbuhkan minat calon pembeli rumah. Pada tahun 2014 bisnis properti mulai bangkit kembali dan Pondok Cabe semakin hidup. Untuk saat ini, setidaknya ada 2 developer yang membangun kompleks perumahan di sini, yaitu Duta Putra Land dan Kemiri Loka. 

Kelebihan Pondok Cabe

Dibandingkan dengan wilayah populer lainnya di Tangerang Selatan, seperti Pamulang dan Cinere, lokasi Pondok Cabe tidak kalah strategis. Kawasan ini memiliki akses ke Jakarta menggunakan MRT. Stasiun MRT terdekatnya adalah Stasiun Lebak Bulus yang bisa dicapai dalam waktu 20-30 menit.

Harga rumah di sini juga masih kompetitif. Bahkan, Anda bisa dengan mudah menemukan rumah baru dengan harga di bawah Rp1 miliar. Tidak heran kalau rumah di Pondok Cabe pada akhirnya diincar oleh orang yang bekerja di Jakarta, tapi memiliki budget terbatas.

Tren Harga Properti di Pondok Cabe

Akan tetapi, jangan terlena dengan harga yang terjangkau. Pasalnya, tren harga properti di wilayah ini cenderung naik setiap tahunnya. Misalnya saja pada kuartal tahun 2020 silam, harga properti di Pondok Cabe mengalami kenaikan hingga 6%. 

Untuk tanah kosong, harganya juga cukup bervariasi. Taksiran harganya dimulai dari angka Rp 2,5 juta per m² hingga lebih dari Rp 9,5 juta per m². Tanah kosong di kawasan ini pada umumnya memiliki luas hingga ribuan meter persegi sehingga cocok untuk Anda yang ingin membangun bisnis properti.

Sekarang, sudah ada banyak kompleks perumahan yang berdiri di kawasan ini. Namun, ada dua kompleks perumahan yang cukup menyita perhatian karena harganya masih ada di kisaran ratusan juta rupiah. Desainnya modern, dilengkapi dengan fasilitas terbaik, dan pastinya dekat dengan sejumlah fasilitas umum. Kedua kompleks perumahan tersebut adalah Kemiri Loka dan The Hills.

Selain kompleks perumahan, Anda juga bisa melirik apartemen di Pondok Cabe. Jumlah pilihannya mungkin belum sebanyak kompleks perumahan, tapi tetap layak dipertimbangkan apalagi untuk para lajang atau yang baru mulai menjajal investasi properti. Rentang harga unit apartemen di sini berkisar antara Rp 357 juta hingga Rp 707 juta.

terminal bus di Pondok Cabe, Tangerang SelatanSumber gambar: shutterstock.com

Fasilitas Umum

Wilayah Pondok Cabe setidaknya memiliki satu rumah sakit, yaitu RS Bhineka Bakti Husada. Jika hendak ke RSUD Tangerang Selatan, jaraknya bisa ditempuh dalam waktu 15 menit saja. Sementara itu, jumlah sekolah di wilayah ini ada sekitar 46, mulai dari SD, SMP, hingga SMA yang masing-masing dikelola oleh pihak swasta dan negeri. Beberapa sekolah yang populer adalah SD Harapan Bangsa, SD Muhammadiyah 37, SMP Putra Pertiwi, SMP Dharma Karya UT, SMA Harapan Bangsa, dan SMK Putra Pertiwi.

Pusat perbelanjaan di sini hanya berupa Pasar Modern Pondok Cabe. Wajar saja, karena wilayah ini hanya berupa kelurahan. Namun, di sekitar kawasan ini ada banyak pusat perbelanjaan yang menarik dan lokasinya cukup dekat. Di antaranya adalah Cinere Mall, Pondok Indah Mall, Cilandak Town Square, Pamulang Square, dan Living Plaza Pamulang.

Infrastruktur

Infrastruktur penunjang wilayah Pondok Cabe ini cukup memadai. Saat ini sudah tersedia jalan Tol Cinere-Serpong. Untuk menuju kawasan ini, pengguna kendaraan roda empat dapat keluar di Gerbang Tol Pamulang.

Bagi yang mengandalkan transportasi umum untuk berpindah area juga bisa bertenang hati. Anda bisa menggunakan moda transportasi MRT, TransJakarta, dan commuter line. Untuk MRT, stasiun terdekatnya adalah Stasiun Lebak Bulus yang bisa ditempuh dalam waktu 20-30 menit. Jika menggunakan TransJakarta, berhentilah di Halte Ciputat. Dari halte ini, lanjutkan perjalanan ke Pondok Cabe menggunakan ojek atau angkutan umum selama 15 menit. Sementara itu, untuk pengguna commuter line, Anda bisa naik-turun kereta listrik di stasiun terdekat. Di antaranya adalah Stasiun Pondok Ranji, Stasiun Sudimara, dan Stasiun Jurangmangu.

Prospek Properti di Pondok Cabe

Bicara soal infrastruktur, kehadiran Tol Cinere-Serpong menjadi salah satu penyebab utama naiknya harga properti di Pondok Cabe. Kawasan di sekitarnya, seperti Pamulang dan Serpong yang kian ramai juga turut memengaruhi kenaikan harga properti.

Selain itu, ada pula wacana penambahan jalur MRT menuju area di sekitar Jakarta seperti Bogor, Depok, Bekasi, dan Tangerang Selatan. Jalur MRT menuju Tangerang Selatan akan semakin memudahkan warga sekitar untuk bepergian ke Jabodetabek. Jika sudah disetujui, penambahan jalur MRT ini diperkirakan akan rampung pada tahun 2035.

0
Temukan inspirasi rumah idaman dan dekorasi dengan harga terjangkau