Pantai Indah Kapuk, Kawasan Elit dengan Banyak Tempat Kuliner

Pantai Indah Kapuk

Pantai Indah Kapuk merupakan sebuah kawasan perumahan elit yang dilengkapi dengan sejumlah fasilitas umum hingga menyerupai kota mandiri. Sebagian besar wilayah Pantai Indah Kapuk berada di Penjaringan, Jakarta Utara dan sebagian lainnya masuk area Kapuk, Jakarta Barat.

Pembangunan wilayah ini dimulai pada tahun 2003 oleh Agung Sedayu Group. Awalnya, wilayah ini tidak diminati lantaran lokasinya sepi dan belum ada tanda-tanda pembangunan infrastruktur. Namun, nama wilayah ini kemudian meroket semenjak beragam fasilitas umum dibangun di sini, terutama sentra kuliner.

Wilayah yang tadinya sepi pun jadi ramai dan dilengkapi dengan berbagai infrastruktur sehingga mudah diakses. Bahkan, saat ini sudah ada PIK 2 yang menjadi kawasan hunian dan juga rekreasi. Pantai Indah Kapuk 2 sendiri masuk ke dalam area Banten dan dikembangkan oleh Agung Sedayu Group & Salim Group yang menjadi pioner di dunia properti.

Kelebihan 

Wilayah Pantai Indah Kapuk dekat dengan kawasan Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Ancol, Muara Karang, Grogol, dan Pluit. Di sini juga terdapat kawasan CBD, yaitu CBD Pasir Putih PIK 2. Pusat kuliner juga sangat banyak dan menunya beragam.

Kondisi wilayah ini secara keseluruhan masih seimbang antara alam dan bangunan sehingga nyaman untuk menjadi area hunian. Bagi pecinta pantai dan laut, wilayah ini sangat sempurna karena keduanya mudah ditemukan di sini. Ditambah lagi kawasan elit ini mampu meningkatkan gengsi para penghuninya.

Tren Harga Properti di Pantai Indah Kapuk

Tren harga properti di kawasan ini mengalami peningkatan setiap tahunnya. Salah satu faktor yang berperan adalah tingginya angka peminat hunian di wilayah ini. Di kawasan Jakarta Utara, Pantai Indah Kapuk menempati posisi kedua wilayah yang paling diminati untuk hunian setelah Kelapa Gading.

Harga properti di wilayah ini dibanderol mulai dari Rp 381 juta untuk apartemen dan Rp 1,5 miliar untuk rumah baru. Sementara itu, harga tanah dimulai dari Rp 8,8 juta hingga Rp 34 juta per meter persegi.

Kompleks perumahan yang baru dan diincar banyak orang untuk saat ini adalah Rumah Millenials Alabama, Rumah Millenials Georgia, dan Rumah Millenials Florida. Ketiga kompleks perumahan ini berada di wilayah PIK 2.

pemandangan jembatan di kawasan Pantai Indah KapukSumber gambar: shutterstock.com

Fasilitas Umum 

Fasilitas umum di kawasan ini pada umumnya bertaraf internasional. Untuk rumah sakit, ada Pantai Indah Kapuk Hospital, RS Grand Family PIK, dan Tzu Chi Hospital.

Fasilitas pendidikan juga sangat memadai, mulai dari TK hingga SMA swasta dan internasional. Di antaranya ada Singapore School, Sekolah Pelangi Kasih, Sekolah Bina Bangsa, Sekolah Internasional Stella Maris, Sekolah St. Nicholas, dan Sekolah Tzu Chi. Di PIK 2 nantinya akan ada Universitas Prasetiya Mulya.

Pusat perbelanjaan di area ini terbagi atas 2 tipe. Ada PIK Avenue untuk belanja kebutuhan gaya hidup, serta Kem Chicks dan Fresh Market PIK untuk belanja kebutuhan sehari-hari. Wilayah ini juga memiliki sejumlah pusat kuliner yang hits, seperti Pantjoran PIK, Cove at Batavia, dan Urban Farm.

Berakhir pekan di kawasan elit ini juga merupakan ide bagus karena ada beberapa tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi. Di antaranya adalah Taman Wisata Alam Mangrove, Golf Court, Pantai Pasir Putih, San Antonio Promenade, dan Pantai Maju.

Infrastruktur 

Tol utama yang menjadi penyambung wilayah ini dengan area lain di Jakarta adalah Tol JORR. Pengendara mobil bisa keluar di Gerbang Tol Pantai Indah Kapuk.

Ada pula Tol Bandara Soekarno-Hatta yang memudahkan warga saat harus pergi ke bandara. Jarak tempuhnya lebih dekat dan bisa menghindari kemacetan. Jika ingin berkendara di jalan biasa, Anda bisa mengakses wilayah ini melalui kawasan Muara Karang.

Transportasi umum yang tersedia untuk mengakses wilayah ini adalah TransJakarta dan commuter line. Untuk TransJakarta, ada rute Kota-Pantai Maju. Pemberhentiannya ada banyak di sekitaran lokasi hits di daerah ini. Sedangkan, untuk pengguna commuter line, stasiun terdekat adalah Stasiun Rawa Buaya. Dari stasiun, silakan lanjutkan perjalanan menggunakan angkutan umum selama kurang lebih 20 menit.

Prospek Properti di Pantai Indah Kapuk

Prospek properti di wilayah ini meningkat secara signifikan dan kompetitif. Hal ini dikarenakan adanya pembangunan Tol Kamal – Teluknaga – Rajeg yang nantinya menjadi tol penopang wilayah Pantai Indah Kapuk 2 dan menghubungkannya dengan area Tangerang. 

Pilihan transportasi umum pun akan semakin variatif dengan rencana pembangunan LRT (Light Rail Transit) dan BRT (Bus Rail Transit). Area-area pusat kuliner juga bukan tidak mungkin akan bertambah dan semakin meramaikan kawasan ini.

0
Temukan inspirasi rumah idaman dan dekorasi dengan harga terjangkau