Pamulang, Kawasan Perumahan yang Memiliki Prospek Tinggi

Pamulang

Pamulang merupakan sebuah kecamatan di Kota Tangerang Selatan. Luasnya mencapai 26,82 km². Dari luas tersebut, setidaknya 10 km² lahan diperuntukkan sebagai kawasan pemukiman penduduk. Ditambah dengan harga tanah yang masih terjangkau, minat masyarakat untuk memiliki hunian berupa rumah tapak di kawasan ini pun kian bertambah. 

Komplek perumahan pertama di Pamulang berdiri pada tahun 1990, yaitu Pondok Benda Indah. Tahun-tahun berikutnya disusul dengan pembangunan sejumlah perumahan lain. Beberapa developer yang ikut terlibat dalam pembangunan komplek perumahan di kawasan ini di antaranya adalah PT Cahya Property Group dan PT Marga Permata Bumi, serta PT Modernland Realty Tbk yang membangun apartemen.

Kelebihan Pamulang

Kecamatan Pamulang berbatasan langsung dengan Serpong, Cinere, Sawangan, dan Ciputat. Akses menuju kota besar seperti Jakarta dan Bogor pun terbilang mudah. Selain jalan tol, ada banyak pilihan transportasi umum massal seperti TransJakarta dan commuter line.

Kondisi alam di wilayah ini sangat dijaga oleh pemerintah setempat. Hampir setengah lahan terdiri atas perkebunan, danau, dan sungai. Dengan demikian, daerah Pamulang tetap asri dan subur meski sudah mengalami berbagai pembangunan. Masyarakat yang tinggal di sini juga akan merasa nyaman dan dapat menikmati gaya hidup yang sehat.

Tren Harga Properti

Tren harga properti di Pamulang cenderung naik setiap tahunnya berhubung peminat dan infrastruktur semakin bertambah. Untuk tahun 2021 sendiri ada kenaikan sekitar 2,3%. Sedangkan kisaran harga tanah per meter ada pada angka Rp750 ribu/m2 hingga Rp2,5 juta/m2. Harga tanah ini dipengaruhi oleh lokasi dan fasilitas yang ada di sekitarnya.

Kompleks perumahan di Pamulang yang dibangun baru-baru ini pada umumnya menawarkan desain modern minimalis. Rumah yang dibangun pun umumnya bertingkat untuk mengatasi keterbatasan lahan, tapi tetap mengutamakan kenyamanan penghuninya. Beberapa perumahan baru yang dapat dijadikan pertimbangan adalah Vinus 88, Martadinata Residence, Kemiri Loka, Prive Hills Residence, Arkamaya Residence, Providence House, dan Casa de Ramos.

gambar perumahan di kawasan PamulangSumber gambar: shutterstock.com

Fasilitas Umum

Bicara soal kenyamanan, area hunian harus memiliki fasilitas umum masyarakat yang memadai. Rumah sakit yang ada di sekitar Pamulang adalah RSIA R. P. Soeroso, RSIA Vitalaya, RSIA Buah Hati Ciputat, RS Bersalin Permata Sarana Husada, RSUD Kota Tangerang Selatan, RS Bhinneka Bakti Husada, dan RS Permata. Sementara itu, untuk pusat perbelanjaan ada Pamulang Square dan Living Plaza Pamulang.

Bagi keluarga dengan anak usia sekolah, jangan khawatir karena di kawasan ini juga ada banyak pilihan lembaga pendidikan swasta maupun negeri. Beberapa di antaranya adalah SDN Puspitek, SMPN 4 Tangerang Selatan, MTSN 1 Tangerang Selatan, SMPK Mater Dei, SMAN 3 Kota Tangerang Selatan, SMAK Bhakti Prima, SMA Ora et Labora, dan Universitas Terbuka.

Infrastruktur

Akses di kawasan ini sangat dimudahkan berkat pembangunan infrastruktur berupa jalan tol dan jalur transportasi umum. Untuk jalan tol, ada Tol JORR Pamulang yang menghubungkan area Tangerang, Jakarta, dan sekitarnya. Sedangkan, yang terbaru ada Tol Pamulang-Cinere yang diresmikan pada tahun 2022. Tol yang terhubung dengan Tol JORR II ini diharapkan dapat mempermudah warga yang hendak menuju Bandara Internasional Soekarno-Hatta.

Untuk yang berencana menggunakan commuter line, stasiun terdekat dari kawasan ini adalah Pondok Ranji. Dengan commuter line, warga bisa bepergian ke Serpong, Jakarta, dan Bogor dengan mudah. Daerah ini juga bisa dikunjungi menggunakan TransJakarta jalur Ciputat. Warga dapat turun di Halte Ps. Ciputat, lalu melanjutkan perjalanan menggunakan angkutan umum.

Proyek MRT yang melewati Pamulang juga tengah dibicarakan oleh pihak terkait. Rencana yang beredar, jalur MRT ini merupakan lanjutan dari Stasiun Lebak Bulus menuju Ciputat – Pamulang – Rawa Buntu – Pondok Cabe. Proyek MRT ini tentu akan mendongkrak minat para masyarakat pencari rumah baru di Pamulang karena aksesnya semakin mudah, cepat, dan harganya terjangkau.

Prospek Properti di Pamulang

Harga properti di kawasan ini, baik itu rumah atau apartemen, kian meningkat dan kompetitif setiap tahunnya. Meski belum sepopuler kawasan Serpong dan Bintaro yang ada di sekitarnya, Pamulang mulai dipertimbangkan oleh banyak orang. Bukan hanya dilirik pencari rumah, kawasan ini juga banyak diincar oleh developer perumahan kelas menengah dan ke atas. Tren ini bisa saja perlahan mengubahnya menjadi tempat populer yang juga prestisius di masa depan.

Salah satu faktor yang memiliki dampak besar pada perkembangan properti tersebut adalah kehadiran flyover Ciputat yang beroperasi sejak tahun 2011. Flyover ini berperan untuk menghubungkan Pamulang dengan Jakarta, Serpong, dan Bogor. Warga di sini pun bisa dengan nyaman pulang-pergi kerja ke/dari Jakarta, serta berlibur di akhir pekan ke Serpong dan Bogor.

Selain kemudahan akses, Pamulang juga merupakan pusat pemerintahan Tangerang Selatan. Sebut saja seperti DPRD Tangerang Selatan. Hal ini akan mempermudah kegiatan masyarakat dan memengaruhi harga properti.

0
Temukan inspirasi rumah idaman dan dekorasi dengan harga terjangkau