Margonda: Strategis, Fasilitas Lengkap, dan Primadona Depok

Margonda

Margonda adalah sebuah wilayah di sekitar Jalan Margonda Raya, Depok, tepatnya berada di Kecamatan Pancoran Mas. Wilayah ini terkenal lantaran merupakan jalur utama di Depok dan merupakan pusat bisnis. Pamornya melebihi nama kecamatan sehingga pada akhirnya masyarakat lebih akrab dengan nama Margonda.

Jalan Margonda Raya sendiri membelah kota Depok sehingga bisa dikatakan sebagai lokasi yang strategis. Karena lokasi yang strategis ini, wilayah ini menjadi incaran para developer properti.  Ada kompleks perumahan dan juga apartemen.

Beberapa developer yang telah menjalankan pembangunannya di wilayah ini  adalah Diamond Land, PT PP Properti, Adhi Persada Properti, dan Margonda Premier.

Kelebihan 

Kawasan ini memiliki poin plus untuk Anda yang ingin memiliki hunian sekaligus membangun bisnis di satu wilayah. Pasalnya, wilayah ini merupakan kawasan yang ramai dan sudah memiliki fasilitas lengkap. Mulai dari aspek bisnis, perkantoran, pendidikan, kesehatan, dan hunian.

Sedangkan dari segi geografis, wilayah ini juga dekat dengan Jakarta dan Jalan Raya Bogor. Poin ini akan menguntungkan bagi warga Margonda yang memiliki pekerjaan di Jakarta atau ingin berlibur ke Bogor.

Pembangunan di sini juga berkembang pesat. Termasuk hunian dalam bentuk rumah tapak dan apartemen. Hampir setiap tahun, setidaknya ada 1 apartemen yang dibangun.

Tren Harga Properti di Margonda

Tren harga properti baru di kawasan ini cenderung meningkat setiap tahunnya karena wilayah ini merupakan pusat bisnis dan hunian di Depok. Harga properti di wilayah ini amat bervariasi dan kompetitif karena banyaknya pemain properti.

Untuk apartemen, ada unit yang masih dijual sekitar Rp 350 juta-an. Sedangkan untuk rumah, harganya mulai dari Rp 800 juta-an. Karena lahan di wiayah satu ini sudah mulai padat dan pencari hunian di wilayah ini semakin meningkat, pembangunan hunian vertikal alias apartemen ikut menjamur. Di antaranya ada Grand Taman Melati 2, Evenciio Margonda, Mazhoji, dan Dave Margonda.

Namun, jika Anda tetap ingin memiliki rumah tapak, masih ada beberapa developer yang menyediakannya. Kompleks perumahan baru tersebut di antaranya adalah Margonda Premier dan Margonda Ecopark.

Fasilitas Umum 

Kalau bicara pusat kota, kelengkapan fasilitas umum tidak perlu diragukan lagi. Rumah sakit di wilayah ini ada RSU Bunda, RS Mitra Keluarga Depok, dan RS Hermina Depok. Untuk urusan pendidikan sekolah, ada MIS Al Muawanah, MTSS Al Muawanah, SD Islam Al Fauzien, SMKS Mandiri Depok, dan SMP Zamzam Syifa Boarding School. 

Sementara itu, untuk perguruan tinggi ada Universitas Nusa Mandiri. Ada pula Universitas Indonesia, Universitas Mercu Buana, Universitas Gunadarma, dan Universitas Muhammadiyah yang masih berada di Kota Depok dan mudah dijangkau dari wilayah yang strategis dan ramai ini.

Pusat perbelanjaan di wilayah ini sendiri cukup mudah ditemui dan diakses karena berada di Jalan Margonda Raya. Pusat perbelanjaan tersebut adalah DMall Depok, Margocity, ITC Depok, dan Ciplaz Depok. Ada juga AEON Mall Tanjung Mall yang bisa diakses dari wilayah ini dengan berkendara selama kurang lebih 17 menit.

gambar pemandangan di kawasan Margonda, DepokSumber gambar: shutterstock.com

Infrastruktur 

Infrastruktur yang memiliki peran penting bagi kehidupan di kawasan ini adalah Jalan Tol Cinere – Jagorawi atau yang biasa dikenal sebagai Tol Cijago. Jalan tol ini mempermudah dan mempercepat mobilitas warga ke arah Jakarta dan sebaliknya.

Tol ini juga mampu mengurai kemacetan di area Lenteng Agung dan Pasar Minggu yang tadinya menjadi jalur favorit untuk pergi dari Jakarta ke Depok. Jalan Tol Cijago ini juga menghubungkan Margonda ke Bandara Udara Internasional Soekarno-Hatta.

Dengan demikian, warga Margonda tidak perlu lagi masuk ke Tol JORR 1 atau Tol Dalam Kota Jakarta untuk ke bandara. Gerbang tol Cijago terdekat dari Margonda adalah Gerbang Tol Margonda.

Transportasi umum di wilayah ini juga bervariasi. Jika ingin naik commuter line, gunakan rute Jakarta – Bogor atau Jakarta – Depok dan sebaliknya. Stasiun terdekat dari kawasan ini adalah Stasiun Pondok Cina.

Bagi yang terbiasa menggunakan TransJakarta, halte yang ada di wilayah ini adalah Halte Terminal Depok. Rute TransJakarta pun sudah diperluas sehingga para penggunanya bisa pergi dari Margonda menuju area-area di Bekasi dan Jakarta.

Untuk saat ini belum ada MRT dengan rute langsung ke wilayah satu ini. Namun, ada stasiun MRT Lebak Bulus yang posisinya saat ini paling dekat dengan Margonda.

Prospek Properti di Margonda

Melihat tingginya minat pencari rumah dan geliat bisnis di wilayah yang memiliki lokasi strategis ini pastinya akan mengalami peningkatan popularitas. Faktor ini pula yang akan memberikan dampak kenaikan harga properti setiap tahunnya.

Selain itu, pembangunan proyek LRT juga akan membelah Kota Depok dan melewati wilayah ini pada tahun 2023. Ini artinya warga Depok, termasuk Margonda akan semakin mudah berpergian ke kawasan Jabodebek.

Trayek yang direncanakan terdiri dari 4 koridor, yaitu TOD Pondok Cina – Stasiun LRT Cibubur, TOD Pondok Cina – Cinere, TOD Depok Baru – Bojongsari, dan TOD Depok Baru – TOD Gunung Puteri. Dengan adanya tambahan infrastruktur, prospek properti di wilayah ini pun bisa makin meningkat.

0
Temukan inspirasi rumah idaman dan dekorasi dengan harga terjangkau