Jagakarsa, Wilayah di Jakarta yang Asri dan Minim Polusi Udara

Jagakarsa

Jagakarsa adalah sebuah kecamatan yang berada di Jakarta Selatan. Area ini bersaing cukup ketat dengan wilayah lain di Jakarta Selatan sebagai tempat hunian. Wilayah ini didominasi dengan kompleks perumahan kelas menengah ke atas yang dikembangkan oleh developer ternama. Di antaranya adalah Sinarmas Land, Pesona Land, Joyglo Property, Jagakarsa Realty, dan masih banyak lagi.

Kelebihan Jagakarsa

Lokasi Jagakarsa sendiri berada di titik yang strategis. Anda bisa ke pusat kota Jakarta dalam waktu singkat, serta ke kota satelit di sekitar Jakarta seperti Tangerang Selatan dan Bogor yang juga populer untuk hiburan. Di sini pun ada banyak kafe yang menyediakan makanan nikmat dan asyik untuk nongkrong.

Jika dibandingkan dengan wilayah lain di Jakarta, wilayah ini tergolong asri dan minim polusi udara. Salah satu faktor pendukungnya adalah banyak pepohonan yang ditanam dan dirawat dengan baik. Ruang terbuka hijau juga mudah ditemukan di setiap sudut. Tidak heran kalau kondisi wilayah ini turut menginspirasi para developer untuk membangun kompleks rumah yang modern tapi tetap bernuansa asri.

Tren Harga Properti di Jagakarsa

Tak bisa dipungkiri, tren harga properti di wilayah ini sudah melejit. Hampir mustahil untuk menemukan rumah baru yang nyaman dengan harga di bawah Rp1 miliar. Harga properti juga terus meningkat setiap tahunnya. Faktor utamanya tentu saja karena lokasinya berada di DKI Jakarta, pusat pemerintahan negara dan juga pusat bisnis. Infrastruktur sangat memadai dan mudah diakses dari mana saja. Harga tanah di Jagakarsa pun sangat bervariasi, yaitu mulai dari Rp4,8 juta per meter persegi. 

Bagi Anda yang ingin memiliki unit rumah baru di kompleks perumahan di daerah Jagakarsa, ada banyak pilihannya, mulai dari yang model townhouse hingga cluster. Keamanannya terjamin dan nuansanya asri. Karena kebanyakan rumah baru di Jagakarsa ditargetkan untuk segmen kelas menengah ke atas, maka disematkan pula fitur smarthome. Fitur ini dapat menghemat energi dan membuat kehidupan penggunanya menjadi lebih praktis. Beberapa kompleks perumahan yang cukup diminati di antaranya adalah Joyglo Jagakarsa, Casa de Sirsak, Casasima Jagakarsa, Amaya Townhouse, dan Palm Terrace.

gambar Setu Babakan di Jagakarsa, Jakarta SelatanSumber gambar: shutterstock.com

Fasilitas Umum yang Tersedia

Fasilitas publik di wilayah Jagakarsa sangat lengkap dan bervariasi. Untuk rumah sakit setidaknya ada 5 pilihan seperti RS Zahirah, RS Ali Sibroh Malisi, RSIA Andhika, dan RS Aulia.  Begitu pula dengan sekolah yang jumlahnya ada lebih dari 50, baik swasta maupun negeri. Di antaranya ada SDN Jagakarsa, SDS Montessori, SMP Cita Buana, SMPN 175 Jakarta, dan SMAS Pattimura Jakarta.

Pusat perbelanjaan yang populer di wilayah ini adalah AEON Mall Tanjung Barat. Mall yang sebelumnya sudah hadir di BSD City dan Cakung ini resmi dibuka pada tahun 2021. Di dalamnya terdapat banyak tenant di bidang fashion, kuliner, gaya hidup, elektronik, kebutuhan sehari-hari, dan sebagainya.

Wilayah Jagakarsa juga memiliki sejumlah tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi. Bagi Anda yang rindu dengan suasana alam, silakan kunjungi Hutan Kota Ciganjur dan Hutan Kota Cipedak. Sementara itu, untuk wisata budaya, ada Setu Babakan dan Setu Mangga Bolong. Jika bosan, Anda bisa melanjutkan perjalanan ke Bogor melalui jalan tol.

Wilayah ini dapat diakses melalui Jalan Tol Lingkar Luar Jakarta. Pintu keluar terdekat dengan Jagakarsa adalah Gerbang Tol Lenteng Agung. Pilihan transportasi umum pun sangat bervariasi seperti bus umum, TransJakarta, dan commuter line.

Jika menggunakan bus umum, terminal terdekat adalah Terminal Lebak Bulus. Dari sini, Anda bisa melanjutkan perjalanan dengan angkutan umum. Sedangkan, untuk pengguna TransJakarta bisa naik-turun di Halte Lenteng Agung, Halte Masjid Al Khoiriyah Jagakarsa 1, dan Halte Masjid Al Khoiriyah Jagakarsa 2.

Untuk menghindari kemacetan di jam-jam sibuk, commuter line selalu diandalkan untuk mengakses area Jakarta, Bogor, Bekasi, dan Tangerang Selatan. Wilayah ini dilewati oleh jalur Jakarta-Bogor dengan perhentian di 3 stasiun, yaitu Stasiun Tanjung Barat, Stasiun Lenteng Agung, dan Stasiun Universitas Pancasila.

Infrastruktur di Jagakarsa

Untuk infrastrukturnya, pemerintah tengah membicarakan rencana untuk melanjutkan pembangunan jalur MRT hingga 10 line sepanjang 425 km yang dapat dirampungkan pada tahun 2035. Jalur MRT ini dipastikan dapat menjangkau area di sekitar Jakarta seperti Bekasi, Tangerang Selatan, dan tentunya Bogor yang melewati wilayah Jagakarsa. Serta diprediksi akan digunakan oleh ratusan ribu penumpang setiap harinya.

Prospek Properti

Rencana pembangunan jalur MRT dan LRT yang melewati wilayah ini akan mempermudah perjalanan pulang-pergi para pekerja setiap hari. Kemacetan dapat dikurangi dan biaya transportasi dapat ditekan. Pembangunan ini dapat memancing minat calon pembeli rumah di Jagakarsa dan harga properti pun akan semakin meningkat berhubung lahan yang tersedia juga sudah semakin terbatas.

Melihat prospek kenaikan harga properti di Jagakarsa yang menjanjikan, tidak ada salahnya untuk mulai berinvestasi dari sekarang. Anda bisa menjatuhkan pilihan properti pada rumah, apartemen, ataupun tanah.

0
Temukan inspirasi rumah idaman dan dekorasi dengan harga terjangkau