Mengenal Seluk Beluk Kota Harapan Indah Lebih Dalam

Harapan Indah

Harapan Indah merupakan sebuah wilayah yang berada di Cakung, Jakarta Timur dan Medan Satria, Bekasi Barat. Luas wilayahnya mencapai 2.200 hektar. Pembangunan properti di sini sudah dimulai sejak tahun 2017 oleh Damai Putra Group dengan gebrakan yang luar biasa berupa proyek kota mandiri Harapan Indah. 

Kota mandiri ini awalnya memiliki luas sekitar 700 hektar dan masih dikembangkan hingga sekarang. Fasilitasnya lengkap dan wilayah ini sudah sangat ramai. 

Kelebihan 

Kawasan ini memiliki lokasi yang amat strategis lantaran berada di 2 kota yang berbeda. Hal ini menjadikan warga wilayah mudah bepergian ke Jakarta dan juga Bekasi.

Infrastruktur menuju wilayah ini pun sudah sangat memadai. Bahkan, wilayah ini memiliki pusat bisnisnya sendiri, yaitu Harapan Indah CBD. Suasana hunian dan pusat bisnisnya pun masih asri.

jalanan yang luas di kawasan Harapan Indah BekasiSumber gambar: shutterstock.com

Tren Harga Properti di Harapan Indah

Harga properti di wilayah ini, baik rumah ataupun apartemen, cenderung kompetitif dan meningkat setiap tahunnya. Untuk harga rumah baru, harga termurah ada pada angka Rp958 juta dengan desain minimalis dan berupa bangunan 2 lantai. Sedangkan untuk tanah, harganya ada yang dimulai dari Rp 1,7 juta per meter persegi.

Bagi Anda yang mencari rumah baru, saat ini ada beberapa kompleks perumahan yang tengah dikembangkan oleh Damai Putra Group. Di antaranya adalah Lavesh, Asera Nishi, dan Green Ara Residence yang semuanya ada di dalam Kota Harapan Indah.

Fasilitas Umum 

Meski tidak berada persis di pusat Kota Bekasi, warga tetap bisa beraktivitas dengan nyaman di wilayah ini. Hal tersebut berkat kehadiran Kota Harapan Indah yang diramaikan dengan beberapa sekolah, rumah sakit, ratusan tenant kuliner, dan pusat perbelanjaan di sekitarnya. 

Rumah sakit yang tersedia di wilayah ini adalah RSIA Taman Harapan Baru, RS Citra Harapan, dan RS Ananda Bekasi. Pilihan sekolah di kawasan ini pun ada banyak, baik yang dikelola pihak negeri maupun swasta. Di antaranya adalah SD Al Kaffah, SDK Penabur Harapan Indah, SD Kids School, SD Kristen Penuai, dan SDS Islam Al Azhar Harapan Indah.

Jika hendak berbelanja kebutuhan sehari-hari, ada Pasar Modern dan Pasar Family Mart. Pasar Modern , sesuai dengan namanya, memiliki konsep modern dan tertata rapi. Sedangkan Pasar Family Mart tengah mengalami revitalisasi supaya semakin nyaman bagi para pengunjung dan penjual.

Mau ke pusat perbelanjaan kekinian? Ada banyak mall di sekitar wilayah ini yang dapat dikunjungi dengan kendaraan pribadi dan angkutan umum. Beberapa di antaranya adalah AEON Jakarta Garden City di Cakung; Summarecon Mall Bekasi, Grand Metropolitan Mall, dan Metropolitan Mall di Bekasi; serta Mall Kelapa Gading, Mall Artha Gading, dan Mall of Indonesia di Jakarta.

Bagi Anda yang membutuhkan waktu refreshing singkat di akhir pekan, ada 2 tempat wisata taman air di kawasan ini. Tempat wisata tersebut adalah Transera Waterpark dan Go Splash Waterpark.

Infrastruktur 

Berada di perbatasan antara Jakarta Timur dan Bekasi Barat, membuat wilayah ini mudah diakses. Setidaknya, ada 2 jalan tol yang dapat digunakan untuk pergi ke Harapan Indah.

Tol pertama adalah Tol JORR dengan pintu keluar Cakung yang mengarah ke Jalan Raya Bekasi. Tol kedua adalah Tol Kelapa Gading – Pulo Gebang yang baru saja diresmikan pada tahun 2021. Tol Kelapa Gading – Pulo Gebang akan mempersingkat waktu perjalanan dari wilayah ini menuju kawasan Kelapa Gading dan sebaliknya.

Jika hendak menggunakan TransJakarta, pemerintah juga menyediakan BRT atau Bus Rapid Transit dari Harapan Indah menuju Jakarta dan sebaliknya. Adapun nama trayek tersebut adalah 2B dengan sejumlah halte yang tersebar merata di wilayah ini.

Untuk para warga yang bekerja di Jakarta, akan lebih praktis jika menggunakan commuter line. Ada 2 stasiun commuter line terdekat dari Harapan Indah yang bisa Anda andalkan, yakni Stasiun Cakung dan Stasiun Kranji. Dari kedua stasiun commuter line ini, Anda bisa melanjutkan perjalanan ke Harapan Indah menggunakan ojek atau angkutan umum selama kurang lebih 13 menit. 

Prospek Properti di Harapan Indah

Pada tahun 2022, LRT direncanakan akan segera beroperasi di jalur Jakarta – Bekasi. Meski jalur LRT ini tidak langsung berada di wilayah ini, tapi tetap akan membantu mobilitas para warga. Untuk saat ini, stasiun LRT terdekat dari Harapan Indah adalah Stasiun LRT Bekasi Barat yang dapat ditempuh dalam waktu kurang lebih 19 menit.

Ke depannya pemerintah juga akan membangun TOD (Transit Oriented Development) baru di kota Bekasi sehingga semakin memudahkan sarana transportasi para warga. Perkembangan infrastruktur ini tentunya menjadi salah satu faktor yang memengaruhi prospek properti di wilayah ini jadi lebih menjanjikan.

0
Temukan inspirasi rumah idaman dan dekorasi dengan harga terjangkau