Cisauk, Kawasan yang Kini Semakin Ramai dan Diminati

Cisauk

Cisauk adalah sebuah kecamatan di Kabupaten Tangerang, Banten, yang merupakan hasil pemekaran dari kecamatan Serpong pada tahun 2000. Wilayah Cisauk terdiri dari 5 desa dan 1 kelurahan. Wilayah ini banyak berkembang dibandingkan dengan puluhan tahun silam. Dulu, suasananya sepi dan didominasi sawah.

Seiring berjalannya pembangunan infrastruktur, Cisauk mulai diminati sebagai area hunian. Ada banyak developer yang membangun proyek kompleks perumahan di Cisauk. Sebut saja seperti PT Sinar Gading Abadi dan PT Harapan Inti Persada Indah.

Kelebihan Cisauk

Dilihat dari lokasinya, Cisauk berbatasan langsung dengan kecamatan Pagedangan di Utara, kecamatan Serpong dan kecamatan Setu di Timur, kecamatan Rumpin di Selatan, serta kecamatan Parungpanjang di Barat.

Yang menarik adalah perbatasan langsung dengan kecamatan Serpong ini menjadikan Cisauk sebagai salah satu wilayah yang dekat dengan BSD City. Seperti yang kita ketahui, area BSD City merupakan kota mandiri dengan fasilitas lengkap dan sangat hidup.

Wilayah ini juga disebut-sebut sebagai kawasan penyangga Tangerang. Bagi orang yang membuka usaha atau bekerja di Tangerang, Cisauk jadi pilihan yang tepat untuk memiliki rumah dengan harga terjangkau dan lokasi strategis.

Tren Harga Properti di Cisauk

Cisauk

Sumber gambar: shutterstock.com

Harga properti di Cisauk memiliki rentang yang beragam, mulai dari ratusan juta rupiah hingga miliaran rupiah. Perbedaan harga properti di kawasan ini disebabkan oleh lokasi dan desain rumah yang ditawarkan. Perbedaan harga ini pun turut memengaruhi target pasar pembeli rumah baru.

Per kuartal I tahun 2021, harga properti baru di wilayah yang dekat dengan BSD ini ada pada kisaran Rp7 juta per meter persegi. Dibandingkan dengan wilayah populer di sekitarnya, harga ini masih tergolong murah. Harga properti di kawasan ini mengalami kenaikan hingga 25% di tahun 2020, lalu mengalami penurunan di tahun 2021 akibat pandemi.

Namun, seiring meredanya pandemi dan pulihnya ekonomi masyarakat, kenaikan harga properti di kawasan ini pun dipastikan akan mengalami kenaikan yang signifikan lagi.

Untuk Anda yang tertarik memiliki rumah baru di wilayah ini, ada beberapa rekomendasi kompleks perumahan baru dengan suasana lingkungan yang menyenangkan. Beberapa di antaranya adalah Serpong Garden dan Go Home Residence.

Fasilitas Umum 

Wilayah seluas 29,26 kilometer persegi ini memiliki fasilitas umum yang memadai. Untuk fasilitas kesehatan, di antaranya ada RS Selaras Cisauk dan sejumlah klinik pendukung. Selain RS Selaras Cisauk, Anda juga memiliki opsi lain seperti RS Medika Serpong dan RSU Hermina Serpong yang tidak jauh dari Cisauk.

Kawsan ini setidaknya memiliki 49 sekolah yang terdaftar dalam Data Referensi Kementerian Pendidikan & Kebudayaan, baik itu yang dikelola swasta atau pemerintah. Beberapa sekolah tersebut di antaranya adalah SDN Cicayur 1, SDN Sampora 1, SDS Sampoerna, dan sebagainya.

Tidak ada perguruan tinggi di wilayah ini, tapi jangan khawatir karena ada opsi perguruan tinggi di sekitar Cisauk, seperti International University Liaison Indonesia, Swiss German University, Universitas Surya, Universitas Matana, dan Universitas Pembangunan Jaya yang mudah dijangkau serta memiliki kredibilitas baik.

Jika memiliki hunian di wilayah kabupaten Tangerang yang satu ini, Anda bisa berkunjung ke pusat perbelanjaan terdekat di kawasan Serpong. Di antaranya adalah AEON Mall BSD, Living World, QBIG BSD, Lulu Supermarket, dan Summarecon Mall Serpong. Pusat perbelanjaan ini dapat dikunjungi dalam waktu 10-20 menit berkendara dari wilayah Cisauk.

Infrastruktur 

Infrastruktur di wilayah ini didukung oleh Tol Lingkar Luar Jakarta atau JORR dan Tol Jakarta – Serpong. Pengguna kendaraan roda empat dapat turun di Gerbang Tol Serpong. Untuk yang menggunakan commuter line, saat ini ada Stasiun Cisauk.

Stasiun kereta api kelas III ini resmi beroperasi kembali pada tahun 2019 usai mendapatkan renovasi besar-besaran. Renovasi ini tidak hanya mengubah bangunan dan penambahan fasilitas, tapi juga mengikuti penataan ulang jalur kereta api sehingga lebih memudahkan penggunanya untuk bepergian ke sejumlah tempat.

Selain commuter line, ada pula transportasi umum JR Connexion BSD City yang menghubungkan kawasan bisnis di Jakarta. Ada 2 rute yang tersedia, yakni Terminal Intermoda BSD – fX Sudirman dan Terminal Intermoda BSD – ITC Mangga Dua.

Prospek Properti 

Harga properti di wilayah ini semakin naik dan kompetitif. Tidak dapat dipungkiri, angka peminat hunian di Cisauk yang semakin tinggi merupakan salah satu faktor kenaikan harga properti tersebut.

Belum lagi dengan pembangunan jalan Tol Serpong – Balaraja yang tengah berlangsung dan akan segera dibuka. Rencananya, tol ini akan selesai pada tahun 2024. Tol Serpong – Balaraja sendiri merupakan tol sambungan dari Tol Ulujami – Serpong yang menghubungkan kota Tangerang Selatan dan kabupaten Tangerang.

Ketika tol ini sudah resmi beroperasi, pengguna jalan tol bisa keluar di Gerbang Tol CBD (Cisauk) yang mengarah langsung ke Jalan Raya BSD Utama. Selain menambah akses ke Cisauk, tol ini juga akan memudahkan Anda untuk pergi ke AEON Mall BSD, Gading Serpong, Suradita, Intermoda Cisauk, LAPAN, Rumpin, Bale Tirtawarna, dan Cicangkal.

0
Temukan inspirasi rumah idaman dan dekorasi dengan harga terjangkau