Cinere, Wilayah di Depok yang Bersebelahan dengan Jaksel

Cinere

Cinere adalah sebuah kecamatan di Depok yang lokasinya bersebelahan langsung dengan Jakarta Selatan, tepatnya kecamatan Pasar Minggu dan Cilandak. Karena lokasinya benar-benar bersebelahan, tidak sedikit orang yang mengira kalau wilayah ini adalah bagian dari Jakarta Selatan. Di samping itu, suasana di kawasan ini pun sudah ramai baik untuk keperluan bisnis dan properti.

Kawasan ini menjadi salah satu wilayah di Depok yang difavoritkan sebagai tempat hunian bersama dengan wilayah Cimanggis dan Sawangan. Kompleks perumahan baru pun bermunculan. Beberapa developer yang telah berpartisipasi dalam pembangunan kompleks perumahan di sini adalah PT Nauman Landmark Group, JSBC Realty, dan Niko Residence.

Kelebihan Cinere

Nilai plus dari wilayah ini yang amat terasa adalah lokasi strategis dan infrastruktur yang memadai. Dilihat dari batas wilayahnya, Cinere ada di sebelah Pasar Minggu dan Cilandak yang juga ramai dengan kegiatan bisnis serta pusat perbelanjaan. 

Infrastrukturnya disokong oleh jalan Tol Cimanggis – Cibitung, Cimanggis – Cinere, Cinere – Serpong, dan Cinere – Jagorawi. Semua jalan tol ini mempermudah mobilitas warga sekitar menuju kawasan Jabodetabek.

Moda transportasi umum juga dikerahkan ke area-area di wilayah ini. Jika menggunakan commuter line, Anda bisa turun di Stasiun Lenteng Agung atau Pasar Minggu. Opsi transportasi umum selain commuter line adalah MRT. Stasiun terdekatnya adalah Stasiun Lebak Bulus yang jaraknya bisa ditempuh dalam waktu 5 hingga 10 menit.

TransJakarta juga memiliki peran penting untuk mobilitas warga. Bus ini melayani perjalanan warga dari Cinere ke Jakarta dan sebaliknya. Saat ada pembangunan proyek MRT, ditambahkan pula rute Royal TransJakarta yang terintegrasi dengan stasiun MRT Fatmawati. Rute tersebut adalah Cinere-Kuningan. Para penumpang bisa naik dari Cinere Bellevue, lanjut ke TB Simatupang, lalu berhenti di Stasiun Fatmawati, atau melanjutkan perjalanan lagi sampai ke Kuningan.

Fasilitas Umum

Fasilitas umum di wilayah ini juga sangat lengkap, mulai dari rumah sakit, sekolah, hingga pusat perbelanjaan. Rumah sakit yang berada persis di sini adalah Rumah Sakit Puri Cinere dan Rumah Sakit Siloam Jantung Diagram. Anda juga bisa keluar dari kawasan ini untuk berkunjung ke RSUD Depok.

Sekolah negeri, nasional, dan internasional juga dapat ditemukan di kawasan ini. Dengan demikian, kebutuhan pendidikan bagi anak-anak akan terjamin dan mudah dijangkau. Setidaknya ada 28 sekolah di wilayah ini. Di antaranya adalah SD Cita Persada, SDS Husnul Khatimah Azhari, SMKS Meilia Medkia, SMAN 9 Depok, dan lain-lain.

Kawasan ini memiliki 2 pusat perbelanjaan untuk memenuhi gaya dan kebutuhan hidup warganya, yaitu Mal Cinere Depok dan Cinere Bellevue Mall. Anda juga bisa melipir ke pusat perbelanjaan di Jakarta. Pusat perbelanjaan yang terdekat dengan wilayah ini ada Cilandak Town Square dan Pejaten Village. Untuk urusan kuliner, ada kawasan Cinere Commercial Park yang menyediakan banyak variasi kuliner.

gambar gedung Mal Cinere DepokSumber gambar: megapolitan-group.com

Tren Harga Properti di Cinere

Harga properti di wilayah ini disebut-sebut sangat kompetitif, bahkan mampu menyaingi harga properti di Jagakarsa. Harga rumah ditemukan mulai dari Rp 423,2 juta hingga Rp 9 miliar yang mencakup rumah baru maupun rumah bekas. Setiap tahunnya terdapat kenaikan harga sekitar 3%. Harga tanah di sini pun ikut melonjak tinggi. Pada lokasi yang memiliki prospek besar, harga tanah bisa mencapai Rp 13 juta per meter persegi.

Melihat antusiasme pencari rumah di wilayah ini, para developer pun berlomba-lomba membangun kompleks perumahan baru. Sebut saja seperti Green Andara Residence dan Niko Residence Cinere. Bagi yang lebih menyukai apartemen, wilayah ini juga diramaikan dengan apartemen baru. Salah satunya adalah Cinere Resort. Di apartemen ini terdapat 3 pilihan tipe unit dengan harga di bawah Rp 1 miliar.

Infrastruktur dan Prospek Properti

Harga properti di wilayah Cinere kerap meningkat dan kompetitif seiring bertambahnya minat masyarakat pencari rumah baru dengan segmen kelas menengah ke atas. Infrastruktur pendukung di wilayah ini juga kian berkembang, seperti jalan tol Cijago.

Tol Cijago ini merupakan bagian dari Tol JORR II yang masih akan dikembangkan hingga area Kukusan. Macet dapat dikurangi dan warga sekitar akan semakin mudah mengakses pusat kota dan fasilitas publik seperti Bandara Internasional Soekarno-Hatta. 

Terdapat pula wacana terkait pembangunan LRT di kota Depok pada tahun 2023. Rencananya, proyek LRT di Depok akan dibagi menjadi empat koridor. Koridor 1 melayani jalur Pondok Cina – Cibubur, koridor 2 melayani jalur Pondok Cina – Cinere, koridor 3 melayani jalur Depok Baru – Bojongsari, sedangkan koridor 4 akan melayani jalur Depok Baru – Gunung Puteri.

Melihat keadaan infrastruktur wilayah Cinere yang sudah memadai dan akan dikembangkan lagi dengan LRT, harga properti pun diprediksi akan meningkat secara signifikan. Membeli properti di wilayah ini pada masa sekarang bisa menguntungkan Anda di kemudian hari.

0
Temukan inspirasi rumah idaman dan dekorasi dengan harga terjangkau