Kenal Asal Muasal Cimanggis dan Berbagai Kelebihannya

Cimanggis

Cimanggis adalah sebuah kecamatan yang ada di kota Depok, Jawa Barat.  Sebelum diresmikan sebagai kecamatan, beriringan dengan diresmikannya Depok sebagai kotamadya berdasarkan Undang-Undang Republik Indonesia No. 15 Tahun 1999 tentang Pembentukan Kotamadya Daerah Tingkat II Depok dan Kotamadya Daerah Tingkat II Cilegon, Cimanggis merupakan bagian dari wilayah Bogor.

Kawasan ini terdiri dari 6 kelurahan yakni Pasir Gunung Selatan, Tugu, Mekarsari, Cisalak Pasar, Curug, dan Harjamukti. Pamor Cimanggis perlahan meningkat lantaran lahan hunian di wilayah Margonda sudah mulai penuh sejak tahun 2017. Begitu pula dengan kawasan penyangga DKI Jakarta lainnya seperti Bekasi dan Tangerang Selatan.

Tidak hanya para pencari rumah, beberapa developer juga turut melakukan pembangunan kompleks perumahan di kawasan Cimanggis. Sebut saja seperti Artha Graha Group, PT Gema Insani, Permata Sakti Mandiri, PT Puninar Texton Asia, dan sebagainya.

Kelebihan Cimanggis

Memiliki hunian di wilayah ini memberikan keuntungan tersendiri untuk Anda. Pertama-tama, lokasi Cimanggis ini sangat strategis karena dekat dengan Jakarta. Cocok untuk para pekerja di Jakarta yang memiliki budget hunian terbatas lantaran harga properti di kawasan ini masih terjangkau.

Wilayah ini juga masih dalam tahap pengembangan, di mana akan ada banyak pembangunan jalan dan transportasi umum yang memudahkan mobilitas warga. Suasana di kawasan ini pun terbilang tenang dan nyaman sehingga para warga bisa beristirahat dengan baik usai beraktivitas.

monumen di kawasan Cimanggis, DepokSumber gambar: shutterstock.com

Tren Harga Properti di Cimanggis

Sebagai wilayah yang masih dikembangkan, tren harga properti di wilayah ini cukup menjanjikan bagi para investor. Di tahun 2021, harga properti di wilayah ini rata-rata mengalami kenaikan sebesar 8,7%.

Harga tanah per meter persegi juga kompetitif dengan wilayah-wilayah lainnya di Depok dan sekitarnya. Properti di kawasan ini tersedia dalam banyak pilihan. Dari yang minimalis hingga mewah, serta rumah tapak dan apartemen.

Bagi Anda yang memilih rumah tapak, ada kompleks perumahan baru yang patut dipertimbangkan, seperti Cluster Margata at Cimanggis Golf Estate Depok, Marwa Residence, Permata Cimanggis, dan Arkatama Townhouse. Sedangkan untuk apartemen, ada Cimanggis City yang menjual 3 tipe unit dengan harga di bawah Rp 600 juta.

Fasilitas Umum 

Fasilitas umum di wilayah ini sudah memadai dan mampu melayani kebutuhan warganya. Setidaknya, ada 5 rumah sakit besar di sini. Di antaranya adalah RS Bhayangkara Brimob, RS Meilia Cibubur, RS Tugu Ibu Depok, RSIA Setya Bhakti, dan RSIA Tumbuh Kembang.

Kebutuhan pendidikan anak juga terjamin dan mudah dijangkau di kawasan ini. Berdasarkan Data Referensi Kementerian Pendidikan dan Budaya, ada 125 sekolah dan 2 pendidikan tinggi di kecamatan Cimanggis. Beberapa sekolah yang populer adalah SMA Genesis Medicare, SMA Ibnu Hajar Boarding School, SMAN 13 Kota Depok, SMAS Islam Terpadu Nurul Fikri, SMAS Pondok Daun, dan SMAS Spring Field.

Sedangkan kedua pendidikan tinggi yang ada di wilayah ini adalah Akademi Keperawatan Raflesia dan STIKES Raflesia. Sementara itu, untuk memenuhi kebutuhan dan gaya hidup, ada sejumlah pusat perbelanjaan yang menarik. Di antaranya adalah Lippo Mall Cimanggis Square dan Grand Cimanggis Mall.

Anda juga bisa mampir ke pusat perbelanjaan besar lainnya seperti Depok Town Square, Cinere Bellevue Mall, dan Mall Margo City yang tidak jauh dari Cimanggis.

Infrastruktur 

Untuk pergi menuju wilayah ini, Anda tidak perlu khawatir karena sudah ada 3 jalan tol yang melewatinya. Ketiga jalan tol tersebut adalah Tol Jagorawi, Tol Cinere – Jagorawi, dan Tol Cimanggis – Cibitung.

Jika menggunakan jalan Tol Jagorawi, gerbang tol yang bisa digunakan untuk mencapai wilayah ini adalah Gerbang Tol Cibubur dan Gerbang Tol Cimanggis. Sementara itu, jika menggunakan jalan Tol Cinere – Jagorawi, Anda bisa keluar di Gerbang Tol Cisalak.

Ada juga Tol Cimanggis – Cibitung yang menghubungkan wilayah ini dengan berbagai kawasan di Depok, Bogor, dan Jakarta. Kehadiran tol ini dapat mempercepat mobilitas warga dan mengurai kemacetan lalu lintas Jabodetabek.

Pilihan transportasi umum juga sangat bervariasi di wilayah ini. Anda bisa menggunakan commuter line Jakarta – Depok atau Jakarta – Bogor, lalu turun di Stasiun Universitas Indonesia. Ada juga LRT Jabodebek dengan jalur Cibubur. Lalu, ada TransJakarta yang rutenya dimulai dari Terminal Depok – BKN dan sebaliknya.

Pilihan lainnya, ada Bus BRT Depok Go Lancar yang beroperasi dari Terminal Depok menuju Terminal Jatijajar, serta Trans GDC yang memiliki rute Grand Depok City – Monas.

Prospek Properti 

Pemerintah Kota Depok memiliki rencana untuk membangun kawasan Pusat Pertumbuhan Ekonomi Baru. Ada 6 wilayah yang menjadi fokus pemerintah untuk rencana pembangunan tersebut. Cimanggis menjadi salah satunya bersama dengan Cinere, Bojongsari, Cibubur, Tapos, dan Citayam. Dengan dukungan pemerintah ini, bukan tidak mungkin kalau Cimanggis di masa mendatang akan menjadi kawasan bisnis dan sangat ramai.

Lokasi strategis yang dekat dengan DKI Jakarta juga mampu memperketat persaingan harga properti di wilayah ini. Apalagi, saat ini sudah ada 3 jalan tol dan beragam pilihan transportasi umum yang mudah diakses warga Cimanggis.

0
Temukan inspirasi rumah idaman dan dekorasi dengan harga terjangkau