Cibubur, Kawasan Strategis dengan Banyak Tempat Wisata

Cibubur

Cibubur adalah sebuah kelurahan yang berada di Kecamatan Ciracas, Jakarta Timur. Nama wilayah ini jauh lebih populer dibandingkan kecamatan yang menaunginya. Salah satu penyebabnya adalah rencana pembangunan kota mandiri Jonggol yang akan diperkenalkan sebagai calon ibukota Indonesia pada masa Orde Baru.

Saat rencana tersebut beredar, pengembang berbondong-bondong untuk membangun kompleks perumahan dan pusat perbelanjaan di sini. Beberapa pengembang tersebut di antaranya adalah SinarMas Land dan Ciputra Group.

Popularitas wilayah ini membuat namanya digunakan oleh beberapa pengembang sebagai nama kompleks perumahan yang dibangun. Sebut saja seperti Kota Wisata Cibubur yang berada di Bogor. Untuk orang awam, hal ini membuat kompleks perumahan tersebut ikut bersinar, tapi juga membingungkan.

Kelebihan 

Cibubur berada di lokasi yang strategis. Bukan hanya dekat dengan sejumlah wilayah, tapi bahkan menjadi persimpangan 4 wilayah sekaligus. Wilayah tersebut adalah Jakarta Timur, Depok, Bekasi, dan Bogor. Ini menjadikan Cibubur sebagai lokasi yang tepat untuk membangun hunian dan pusat bisnis.

Suasana di wilayah ini tergolong masih asri, bahkan ada wisata alam dan hutan kota. Kedua tempat ini tidak sekadar menjadi penyejuk di tengah kota, tapi juga menjadi spot wisata dan bersantai para warga usai beraktivitas.

Tren Harga Properti di Cibubur

Dibandingkan dengan kondisi Cibubur beberapa tahun terakhir, saat ini sudah ada banyak kompleks perumahan yang dibangun. Pusat bisnis dan perbelanjaan pun menjamur. Untuk properti di wilayah ini, harganya bervariasi dan masih terjangkau. Memiliki rumah tapak dengan harga Rp 500 jutaan di kawasan ini masih memungkinkan. Inilah yang menjadi incaran para pencari rumah kelas menengah yang bekerja di Jakarta.

Untuk yang menginginkan properti mewah, ada juga di wilayah asri ini. Harganya mulai dari Rp 1 miliar. Sedangkan, untuk kisaran harga tanah di daerah ini bisa ditemukan mulai dari Rp 5,6 juta hingga Rp23,7 juta per meter persegi.

Adapun, kompleks perumahan yang baru dibangun dan banyak diminati orang di antaranya adalah CitraGrand Cibubur CBD, Teratai House, Lumihouse, Monterrey at CitraLand Cibubur, dan yang lainnya.

suasana kompleks perumahan di daerah CibuburSumber gambar: shutterstock.com

Fasilitas Umum 

Sebagai kelurahan, Cibubur tergolong memiliki fasilitas umum yang lengkap, mulai dari kesehatan hingga kebutuhan harian. Rumah sakit di daerah ini yaitu ada RS Meilia, RS Permata, RS Mitra, Eka Hospital, RSIA Tumbuh Kembang, dan RS Ketergantungan Obat. 

Sekolah di kawasan ini didominasi oleh sekolah negeri. Di antaranya adalah TK Al Azhar 20 Cibubur, SDN Cibubur 01 Pagi, SMPN 147 Jakarta, SMPN 233 Jakarta, SMAN 99 Jakarta, dan SMKN 52 Jakarta.

Pusat perbelanjaan di wilayah ini ada 6 dan berada di kawasan yang mudah diakses. Keenam pusat perbelanjaan tersebut adalah Mall Ciputra, Cibubur Junction, Cibubur Square, Plaza Cibubur, Metropolitan Mall Cileungsi, dan Trans Park.

Bagi Anda yang ingin melepas penat di akhir pekan, kawasan ini punya banyak pilihan tempat sehingga warganya tidak perlu beranjak jauh ke luar kota. Mau berpetualang di tengah alam? Ada Fantasy Island, Buperta (Bumi Perkemahan Pramuka Cibubur), dan Telaga Arwana. Jika mau berwisata sekaligus menambah wawasan, pergilah ke Kampung Cina, Kampung Jepang, Taman Mini Indonesia Indah, Taman Wiladatika, dan Cibubur Garden Diary.

Infrastruktur 

Sebagai wilayah yang populer untuk hunian ataupun bisnis, wilayah ini didukung oleh infrastruktur yang memadai. Pertama-tama, ada jalan tol Jagorawi yang menjadi penghubung antara Cibubur dengan Jakarta, Bogor, Cinere, dan Ciawi. Gerbang tol terdekat adalah Gerbang Tol Cibubur.

Bagi warga yang tidak memiliki kendaraan pribadi, wilayah ini tetap mudah diakses berkat ketersediaan transportasi umum. Untuk pergi ke wilayah ini menggunakan commuter line, pilihlah rute Jakarta – Bogor atau Depok. Lalu, turunlah di stasiun yang paling dekat dengan Stasiun Tanjung Barat dan lanjutkan perjalanan menggunakan angkutan umum.

Selain menggunakan commuter line, warga juga bisa menggunakan TransJakarta. Lebih tepatnya lagi TransJakarta 7C dengan rute Cibubur – BKN. Tidak perlu repot menyambung kendaraan lagi karena halte terakhirnya berada langsung di wilayah ini.

Prospek Properti di Cibubur

Prospek properti  baru di kawasan ini dipastikan akan semakin cerah. Untuk yang berencana investasi, harga properti akan naik secara signifikan karena tingginya minat pencari rumah. Untuk yang berencana menghuni properti tersebut dalam jangka panjang juga akan diuntungkan. Pasalnya, sudah ada pembangunan Tol Cimanggis – Cibitung dan jalur LRT (Light Rail Transit).

Tol Cimanggis – Cibitung ini merupakan bagian dari Tol JORR 2 dan ditargetkan akan rampung pada Maret 2023. Tol ini diharapkan nantinya dapat mengurangi kemacetan di tol Cikampek menuju Jakarta karena orang yang hendak ke Bogor tidak perlu singgah ke Jakarta dulu. Pada pembangunan tahap pertama (seksi 1A) yang sudah beroperasi, yakni Junction Cimanggis – Jatikarya, pengendara bisa menghemat waktu bepergian ke Transyogi dari 30 menit jadi sekitar 10 menit saja.

Sedangkan, untuk LRT dengan rute Cawang – Cibubur sudah melewati proses uji coba dan siap dioperasikan dalam waktu dekat. Dengan demikian, warga dapat pergi ke Dukuh Atas dalam waktu sekitar 39 menit saja. Tentunya, pembangunan infrastruktur yang semakin memadai  ini sangat memengaruhi harga properti di sekitarnya.

0
Temukan inspirasi rumah idaman dan dekorasi dengan harga terjangkau