Bintaro, Wilayah di Jakarta Selatan yang Merambah ke Tangsel

Bintaro

Bintaro pada awalnya merupakan sebuah kelurahan yang berada di Kecamatan Pesanggrahan, Jakarta Selatan. Kawasan ini mulai mendapatkan popularitas sejak dibangun menjadi kota mandiri bernama Bintaro Jaya yang dilakukan pada tahun 1979 oleh Jaya Real Property. Sejak pembangunan tersebut, kawasan ini pun terus berkembang hingga sekarang dan menjadi kawasan terpadu yang memiliki luas melampaui kelurahan itu sendiri. Bahkan, tak hanya berada di kawasan Jakarta saja, tapi kini telah mencapai ke area Tangerang Selatan.

Meskipun keberadaannya meluas hingga berada di luar kelurahannya sendiri, tapi pembangunan kawasan terpadu yang terus berkembang hingga berada di kawasan lain membuat banyak orang tetap menyebut kawasan ini sebagai Bintaro. Tentu saja, istilah tersebut dikarenakan wilayahnya yang memang tak lepas dari Bintaro Jaya.

Kelebihan Bintaro

Selain itu, popularitas properti di kawasan ini pun disebabkan oleh banyaknya fasilitas yang terus diperbarui serta berdekatan dengan sejumlah tempat seperti mall besar di kawasan Jakarta Selatan dan daerah pusat bisnis (CBD). Kawasan ini juga memiliki akses transportasi yang sangat mudah, baik itu menuju kawasan Jakarta, Tangerang, ataupun area lain yang berada di Tangerang Selatan.

Tren Harga Properti di Bintaro

Termasuk salah satu wilayah yang telah mapan, harga tanah di kawasan ini cenderung stabil. Belakangan ini, jarang sekali terjadi penurunan ataupun kenaikan harga yang terjadi secara drastis. Dengan harga properti yang relatif stabil tersebut, maka sangatlah pas untuk memilih properti di kawasan Bintaro. Baik itu untuk dijadikan sebagai investasi. Jika Anda tertarik memiliki properti di sini, rata-rata harga tanah yang ditawarkan saat ini mulai dari Rp8 juta per meter persegi.

Meskipun kawasan ini sudah tergolong padat, tapi popularitasnya yang seakan tak pernah surut membuat para pengembang terus membuka lahan baru untuk hunian. Meskipun saat ini Bintaro Jaya lebih fokus untuk mengembangkan apartemen, tapi terdapat pengembang menengah yang membangun perumahan baru berukuran sedang dengan akses yang mudah menuju kawasan terpadu. 

Saat ini, ada banyak sekali pilihan apartemen dan perumahan baru yang bisa Anda pilih. Namun, sebaiknya tetap sesuaikan lokasi properti tersebut berdasarkan mobilitas Anda. Misalnya seperti Bintaro Sektor 9 yang terkenal sebagai pusat kuliner atau Bintaro Sektor 7 yang berada di kawasan bisnis.

gambar kawasan Bintaro sektor 7 saat malam hariSumber gambar: shutterstock.com

Fasilitas Umum yang Tersedia

Di kawasan ini, beragam fasilitas umum pun tersedia untuk memudahkan aktivitas para penghuninya. Terdapat pusat perbelanjaan seperti BxChange Mall yang mengusung konsep baru karena memadukan mall sekaligus taman terbuka. Selain itu, terdapat juga berbagai pusat perbelanjaan lain seperti Bintaro Plaza serta sederet kafe atau restoran dengan konsep kekinian.

Untuk fasilitas pendidikan, setidaknya terdapat 31 sekolah dari tingkat SD hingga SMA yang dikelola oleh pihak swasta maupun negeri. Sementara itu, terdapat sekitar 12 rumah sakit di kawasan Bintaro dan sekitarnya. Beberapa di antaranya adalah RS Mitra Keluarga, RS Pondok Indah Bintaro Jaya, Rumah Sakit Dr. Suyoto, dan RSIA Ichsan Medical Center. Sejumlah fasilitas umum lainnya juga bisa Anda temukan di kawasan ini, seperti arena olahraga, area terbuka hijau, bahkan pusat bisnis.

Infrastruktur

Selain fasilitas umum yang terus dikembangkan, infrastruktur di sini pun terus bertambah. Anda bisa mengakses kawasan ini melalui Tol Ulujami – Pondok Ranji dan Tol Pondok Ranji – Serpong. 

Bisa juga menggunakan transportasi kereta melalui tiga stasiun KRL, yakni Stasiun Pondok Ranji, Stasiun Sudimara, dan Stasiun Jurangmangu. Selain itu, kini tersedia juga moda transportasi umum berupa bus menggunakan Royal Trans dan Intrans Bintaro Jaya.

Prospek Properti

Tingginya peminat hunian di Bintaro membuat semakin banyak pengembang yang ikut menawarkan properti yang berada di kawasan ini. Kini, pilihan huniannya pun semkain banyak sehingga Anda bisa menyesuaikan dengan kebutuhan.

Di samping itu, banyaknya fasilitas umum dan penambahan infrastruktur yang terus dilakukan pun menjadi faktor yang membuat harga properti di kawasan ini semakin kompetitif. Maka dari itu, kawasan Bintaro sangatlah pas dipertimbangkan untuk investasi properti karena memiliki prospek yang cukup baik.

0
Temukan inspirasi rumah idaman dan dekorasi dengan harga terjangkau