Kenali Seluk Beluk Bekasi Selatan, Lokasi yang Mudah Diakses

Bekasi Selatan

Bekasi Selatan adalah sebuah kecamatan di Kota Bekasi. Ada 5 kelurahan di Bekasi Selatan, yaitu Kayuringin Jaya, Pekayon Jaya, Marga Jaya, Jakamulya, dan Jakasetia. Wilayah ini sangat mudah diakses dari wilayah lain di Bekasi maupun dari tol dalam kota. Wilayah Bekasi Selatan sudah puluhan tahun diincar oleh pekerja di Jakarta sebagai area hunian lantaran harga properti di sini terjangkau dan lokasinya mudah diakses.

Ada banyak developer yang membangun kompleks perumahan di sini. Salah satu yang paling terkenal adalah Agung Sedayu Group. Developer ini membangun kawasan Galaxy Park, kompleks perumahan dengan pertokoan dan aneka fasilitas umum yang cukup memadai.

Kelebihan 

Wilayah ini berada di antara kecamatan lainnya di Bekasi. Di bagian utara berbatasan dengan Bekasi Utara dan Medan Satria. Kemudian, berbatasan dengan Jati Asih di selatan, Bekasi Timur dan Rawa Lumbu di timur, serta Bekasi Barat dan Pondok Gede di barat.

Lokasi ini menjadikan Bekasi Selatan sebagai area pusat pemerintahan dan bisnis. Gedung-gedung pemerintahan Kota Bekasi ada di sini. Begitu pula dengan perbankan, pertokoan, mall, dan jalur transportasi umum. 

Jalan menuju Summarecon Bekasi juga sangat mudah diakses, yakni melalui jembatan dari depan Stadion Patriot Candrabhaga. Warga Bekasi Selatan yang bekerja di Jakarta juga mudah pulang-pergi karena lokasi ini dekat dengan jalan tol, stasiun KRL, dan halte bus.

Tren Harga Properti di Bekasi Selatan

Harga properti di Bekasi Selatan meningkat setiap tahunnya. Pada tahun 2021, ada kenaikan sebesar 1,8%. Untuk kisaran harga properti, khususnya rumah tapak, wilayah ini memiliki rentang harga mulai dari Rp 600 juta-an hingga Rp 4 miliar-an. Wilayah ini tidak hanya diramaikan dengan kompleks perumahan, tapi juga apartemen. Apartemen di Bekasi Selatan banyak ditemukan di sekitaran stasiun KRL dan gerbang tol.

Setidaknya, ada 2 lokasi yang sangat populer di kalangan warga Bekasi. Salah satunya adalah kawasan Galaxy. Di sini ada banyak kuliner dan pertokoan. Sedangkan, di kawasan Pekayon Jaya terdapat banyak pusat perbelanjaan seperti mall dan ruko-ruko.

Fasilitas Umum 

Sebagai kota penyangga dari DKI Jakarta, ada banyak fasilitas yang lengkap dan menarik di wilayah ini. Beberapa rumah sakit yang ada di wilayah ini adalah RS Primaya, RS Hermina Galaxy, RS Hermina Bekasi, dan RSUD dr Chasbullah Abdulmadjid.

Di wilayah ini setidaknya ada 27 sekolah yang terdaftar di situs Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Beberapa di antaranya adalah SMP BPS&K 3 Bekasi, SMP Jaya Bekasi, SMPN 12 Bekasi, SMPN 29 Bekasi, SMP Pax Ecclesia, SMP PGRI 2 Bekasi, SMP Tunas Jakasampurna, SMP Unity School, dan SMPIT Dar-et Tauhid.

Pusat perbelanjaan di wilayah ini sangat mudah ditemukan dan jaraknya saling berdekatan. Sebut saja seperti Mall Metropolitan, Bekasi Cyber Park, Mega Bekasi, Revo Town, Lagoon Avenue, dan Grand Galaxy Park. Wilayah ini juga dekat dengan pusat perbelanjaan lain di sekitarnya seperti Summarecon Mall Bekasi dan AEON Mall Jakarta Garden City.

Bekasi Selatan juga memiliki stadion kebanggaan, yaitu Stadion Patriot Candrabhaga. Di sebelahnya terdapat Hutan Kota Patriot Bina Bangsa Kota Bekasi yang sering digunakan warga untuk berolahraga ataupun bersantai. Untuk yang mau rekreasi ala musim dingin, ada Snow World International di kompleks Revo Town.

gambar pemandangan di sekitar kota Bekasi Selatan

Sumber gambar: shutterstock.com

Infrastruktur 

Kota Bekasi sudah terhubung dengan banyak jalan tol. Untuk menuju wilayah ini, tol yang paling sering digunakan adalah Tol Jakarta – Cikampek dengan gerbang tol Bekasi Barat. Seketika keluar dari gerbang tol ini, pengendara langsung tiba di Bekasi Selatan. Tol ini tidak hanya memudahkan warga untuk pergi ke Jakarta, tapi juga Cikarang, Karawang, Bandung, dan seterusnya. Untuk yang menggunakan kendaraan roda dua, ada akses mudah menuju Kalimalang yang menghubungkan Bekasi dengan Jakarta.

Pilihan transportasi umumnya sangat banyak. Ada TransJakarta dengan rute Bekasi – Senayan dan Bekasi – Monas. Titik keberangkatannya ada di dekat gerbang Tol Bekasi Barat. Sedangkan untuk commuter line, Anda bisa berhenti di Stasiun Bekasi yang masih berbatasan langsung dengan wilayah ini.

Stasiun Bekasi ini tidak hanya diperuntukan bagi commuter line, tapi juga KRL Jawa. Untuk beberapa rute perjalanan, penumpang kereta bisa langsung naik dari Stasiun Bekasi sehingga tidak perlu repot ke stasiun KRL di Jakarta seperti Stasiun Gambir atau Stasiun Pasar Senen terlebih dahulu.

Prospek Properti di Bekasi Selatan

Prospek properti baru di Bekasi Selatan kemungkinan besar akan semakin cerah. Hal ini didukung dengan pembangunan infrastruktur seperti jalan tol dan proyek LRT. Jalan Tol Becakayu (Bekasi – Cawang – Kampung Melayu) Seksi 2A Bekasi Barat juga direncanakan akan rampung pada Juni 2022.

Ada pula proyek LRT Jabodebek yang menghubungkan Jakarta, Depok, dan Bogor dengan Bekasi. Stasiun LRT yang bisa digunakan untuk menuju Bekasi Selatan adalah Stasiun Bekasi Barat dan Stasiun Jatimulya.

0
Temukan inspirasi rumah idaman dan dekorasi dengan harga terjangkau