Rak Kamar Mandi


7 Alasan Mengapa Kamu Harus Pakai Rak Kamar Mandi

Tahukah kamu kalau manusia menghabiskan 416 hari selama masa hidupnya untuk melakukan kegiatan di dalam kamar mandi? Waktu ini tergolong cukup lama. Oleh karena itu, akan lebih baik jika kamar mandi ditata dengan sebaik mungkin. Untuk mewujudkan hal tersebut, ada banyak aspek yang perlu diperhatikan. Mulai dari pencahayaan yang cukup, sirkulasi udara yang lancar, penggunaan material yang anti slip, hingga kehadiran rak kamar mandi.

Rak kamar mandi mungkin terdengar sepele untuk sebagian orang. Namun, pada kenyataannya kehadiran rak kamar mandi dapat memberikan dampak luar biasa untuk kenyamanan di dalam kamar mandi. Tidak percaya? Simak dulu 7 alasan mengapa kamu harus pakai rak kamar mandi berikut ini!

1. Perlengkapan Mandi Tertata Rapi

Untuk menunjang kegiatan mandi dan relaksasi, kamu tentu membutuhkan sejumlah peralatan mandi. Di antaranya sabun, shampoo, shower puff, lulur, dan juga handuk. Dengan rak kamar mandi, perlengkapan-perlengkapan mandi tersebut bisa ditata rapi. Tampilan kamar mandi jadi lebih indah. Kamu pun lebih mudah menemukan perlengkapan yang dibutuhkan.

2. Jadikan Kamar Mandi Anti Sumpek

Ada banyak jenis tempat penyimpanan yang bisa diletakkan di kamar mandi. Namun, rak kamar mandi selalu menjadi primadona karena sifatnya yang terbuka. Area kamar mandi jadi terasa lebih lapang. Berbeda dengan penggunaan lemari. Meski ukurannya tidak jauh berbeda, lemari memiliki pintu. Hal ini menjadikan kamar mandi terlihat lebih sumpek dan sempit. Belum lagi jika kamu sedang membuka pintu lemari, kamar mandi bisa jadi terasa makin sempit.

3. Hemat Tempat

Penggunaan rak kamar mandi terbukti ampuh untuk menghemat tempat. Perlengkapan mandi yang tadinya berserakan di lantai atau di sekitar bak mandi, kini tertata rapi di rak kamar mandi. Secara tidak langsung, ruang gerak di dalam kamar mandi pun akan bertambah. Penggunanya bisa bergerak dengan leluasa. Tidak ada lagi cerita kamu menjatuhkan perlengkapan mandi ketika memasuki kamar mandi. Para pemilik kamar mandi berukuran kecil wajib memiliki item yang satu ini.

4. Mampu Sempurnakan Interior

Saat ini, rak kamar mandi didesain secara fungsional dan juga estetik. Keberagaman desain rak kamar mandi ini akan memudahkan kamu untuk menentukan rak mana yang sesuai dengan gaya interior secara keseluruhan. Desain interior bergaya industrial akan cocok menggunakan rak kamar mandi dari besi atau stainless steel berwarna hitam.

Sementara itu, interior bergaya Japandi akan cocok menggunakan rak kamar mandi dari material kayu dengan desain minimalis. Tampilan interior kamar mandi pun akan tampil lebih sempurna. 

5. Meminimalisir Perkembangan Kuman dan Jamur

Kamar mandi kerap dipandang sebagai tempat yang kotor. Pandangan tersebut muncul lantaran kamar mandi merupakan tempat membersihkan diri dan kondisi udaranya lembap. Hal ini kemudian memicu berkembangnya kuman penyakit dan jamur.

Dengan menggunakan rak kamar mandi, sirkulasi udara di antara perlengkapan mandi tergolong lebih lancar. Kelembapan pun semakin terjaga. Rak kamar mandi juga lebih mudah dibersihkan secara menyeluruh dibandingkan lemari biasa. Kamar mandi jadi lebih sehat dan bebas jamur, deh!

6. Kamar Mandi Semakin Nyaman

Selain untuk membersihkan diri, kamar mandi juga menjadi spot untuk relaksasi di rumah. Kegiatan relaksasi yang dimaksud bisa berupa creambath, berendam di air hangat, dan juga luluran. Jika menggunakan rak kamar mandi, ruangan akan terasa semakin nyaman karena barang tertata rapi. Bahkan, rak kamar mandi ini bisa dijadikan tempat untuk meletakkan lilin aromaterapi atau pengharum ruangan. Letaknya strategis sehingga tidak mudah tersenggol dan menimbulkan bahaya. Kamu pun bakal betah relaksasi dalam waktu lama.

7. Ada Banyak Model

Bagi kamu yang masih bingung memilih model rak kamar mandi, Kania akan berikan beberapa referensinya. Silakan disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing, ya!

  • Rak ambalan

Rak kamar mandi model ambalan dipasang pada permukaan dinding. Sifatnya melayang atau tanpa kaki. Rak ini biasanya terdiri dari satu hingga dua tingkat. Karena tidak memiliki kaki, rak ini dapat dipasang di atas kloset,  bak mandi, atau bathtub. Kehadirannya tidak akan mengganggu ruang gerak pengguna kamar mandi. Model ini cocok untuk kamar mandi berukuran kecil.

  • Rak di atas kloset

Alternatif lain dari rak kamar mandi model ambalan adalah rak di atas kloset. Rak ini memiliki kaki yang tingginya melebihi tinggi kloset. Jadi, kamu bisa meletakkan perlengkapan mandi di area atas tersebut. Model rak kamar mandi seperti ini cocok untuk penghuni kamar kost karena penggunaannya tidak melibatkan paku atau baut yang merusak estetika dinding. Kamu hanya perlu mengangkat dan menggeser untuk menempatkan rak kamar mandi ini.

  • Rak sudut

Model rak kamar mandi ini merupakan solusi untuk kamu yang ingin memanfaatkan area sudut. Pada umumnya, bentuk rak kamar mandi ini berupa seperempat lingkaran. Bentuk ini menjadikannya sempurna diletakkan pada sudut kamar mandi. Kamu juga akan lebih mudah mengakses perlengkapan mandi dari segala arah.

  • Rak pengapit cermin

Cermin menjadi salah satu elemen yang banyak digunakan di dalam kamar mandi. Jika di dalam kamar mandi milikmu terdapat cermin, maka model rak kamar mandi yang mengapit cermin bisa jadi pilihan yang tepat. Posisinya berada di sisi samping kiri dan kanan cermin. Ukurannya kecil, tapi cukup untuk menyimpan beragam produk perawatan kulit.

Pilih Material Rak Kamar Mandi yang Tepat

Kamar mandi memiliki kondisi udara yang lembap dan sering terpapar air. Oleh karena itu, pastikan untuk menggunakan material rak kamar mandi yang tepat. Kriteria utama yang dibutuhkan adalah anti karat dan tidak mudah lapuk.

  • Stainless steel

Material ini tidak mudah berkarat meski terkena cipratan air. Daya topangnya sebagai rak kamar mandi juga cukup baik sehingga bisa digunakan dalam jangka panjang. 

  • Plastik

Rak kamar mandi dari plastik tergolong awet karena tidak menyerap air. Desain dan pilihan warnanya sangat beraneka ragam. Harganya juga sangat murah dibandingkan rak kamar mandi dari material lainnya. Hanya saja, rak dari bahan ini tidak disarankan untuk menopang bobot yang berat.

  • Kaca

Material kaca cocok untuk rak kamar mandi bergaya modern dan mewah. Kaca tidak mudah berkarat dan lapuk. Namun, kamu perlu rutin mengelapnya dari cipratan air untuk mencegah kedatangan jamur dan bercak kusam.

  • Kayu lapis

Kayu terkenal mudah lapuk jika terkena cipratan air terus-menerus. Namun, tidak demikian dengan material kayu lapis. Rak kamar mandi yang menggunakan kayu lapis memiliki ketahanan yang lebih baik. Hal ini dapat terwujud berkat lapisan khusus di bagian permukaan kayu. Pori-pori kayu akan tertutup rapat sehingga air tidak mudah terserap. Rak kamar mandi dengan material kayu lapis ini cocok menghiasi kamar mandi bergaya minimalis, tradisional, Japandi, dan Scandinavia.

Itulah 7 alasan mengapa kamu harus pakai rak kamar mandi. Kania juga sudah berikan beberapa referensi model dan material yang sesuai untukmu. Sekarang, saatnya untuk mencari rak kamar mandi tersebut. Yuk, langsung saja cek di Dekoruma!