Pilih tipe Penyimpanan Kantor berikut:

Lemari Kantor


7 Tipe Lemari Kantor yang Bisa Kamu Pilih Sesuai Kebutuhan

Sama seperti saat membeli perabotan lainnya, buat kamu yang berencana membeli lemari kantor pun harus memilih secara cermat, baik itu untuk di kantor ataupun ruang kerja pribadi di rumah. Terlebih jika perlengkapan kantor kamu ada banyak ataupun tempat kerja kamu menampung banyak orang sekaligus sehingga pemilihan lemari kantor harus dilakukan berdasarkan dengan kebutuhan, fungsi, bahkan ukuran dari ruangan.

Sebelum kamu membelinya, sebaiknya kenali dulu beberapa tipe lemari kantor yang banyak tersedia di pasaran dan tentunya bisa kamu sesuaikan menurut kebutuhan. Selain itu, simak juga beberapa tips dan trik yang bisa kamu lakukan agar bisa memilih lemari kantor terbaik secara tepat! 

1. Lemari Kantor Model Vertikal

Tipe pertama adalah lemari kantor model vertikal. Lemari yang satu ini dapat digunakan untuk menunjang berbagai kebutuhan, mulai dari tempat untuk menyimpan arsip, menyimpan stok buku, alat tulis kantor, dan berbagai jenis perlengkapan kantor lainnya. Selain itu, lemari kantor vertikal juga memiliki sejumlah kelebihan, yakni penempatannya yang bisa dilakukan di berbagai area, mulai dari sudut ruangan maupun ruang tengah ruangan.

Umumnya, lemari model vertikal memiliki desain sederhana sehingga mempermudah kamu saat ingin membersihkannya. Terbuat dari berbagai macam material, seperti kayu, aluminium, besi, bahkan plastik, lemari kantor model ini pun lebih cocok digunakan di ruangan dengan ketinggian yang cukup karena jika atap ruangan tergolong rendah, penggunaan lemari model ini akan membuat ruangan terkesan pengap. 

2. Lemari Kantor Model Horizontal

Selain itu, ada pula rekomendasi lain, yakni model horizontal. Berbeda dengan tipe sebelumnya, model lemari kantor ini memiliki bentuk memanjang dengan ketinggian di bawah satu meter sehingga sangat cocok ditempatkan di ruangan dengan luas yang lapang dan memiliki ukuran ketinggian yang rendah.

Kelebihan dari lemari kantor model horizontal adalah kemudahan akses, baik untuk menyimpan maupun mengambil barang. Dengan begitu, kamu akan lebih mudah untuk mengatur isi di dalam lemari karena tak perlu memanjat ataupun menggunakan kursi.

Tak hanya itu saja, lemari model horizontal ini pun bisa kamu manfaatkan untuk kebutuhan lainnya, yakni dijadikan sebagai alas untuk menyimpan berbagai dekorasi untuk mempercantik ruangan kantor. Sama seperti lemari kantor model vertikal, kamu pun bisa memilih berbagai jenis material, mulai dari besi, plastik, kayu, bahkan aluminium.

3. Lemari Kantor Model Gantung

Cocok ditempatkan di ruangan kerja dengan luas terbatas, penggunaan lemari kantor model gantung sangatlah efisien karena tidak akan membuat ruangan terkesan pengap, tapi tetap efektif mengakomodir kebutuhan penyimpanan di ruangan kantor. Tentunya, model lemari kantor gantung sangatlah cocok untuk menonjolkan kesan minimalis ataupun modern, tapi kamu tetap harus memilih model yang paling pas dengan desain interior ruang kerja atau kantor.

Melalui penggunaan lemari kantor model gantung yang space-saving, kamu pun lebih fleksibel untuk memilih area yang paling efektif untuk mempermudah kamu ataupun karyawan saat ingin mengaksesnya. Yang paling penting, lemari model gantung ini tetap dapat kamu gunakan untuk menyimpan berbagai perlengkapan kantor secara rapi dan aman. 

4. Lemari Kantor Portabel

Ada pula model lemari kantor portabel. Sangat cocok ditempatkan di ruangan kantor berukuran mungil, umumnya lemari kantor portabel telah dilengkapi dengan roda pada bagian bawahnya sehingga kamu bisa memindahkannya ke area lain sesuai dengan kebutuhan. Model lemari ini juga sangatlah pas diaplikasikan oleh kamu yang cepat merasa bosan dengan suasana ruangan, serta cocok juga difungsikan sebagai tempat penyimpanan arsip karena bisa dipindahkan dari satu area ke area lainnya secara cepat dan praktis. 

5. Lemari Kantor Multifungsi

Saat ini, ada pula lemari kantor multifungsi yang tentunya sangatlah pas digunakan di berbagai jenis kantor. Biasanya, tipe yang multifungsi ini tak hanya menawarkan fitur utama sebagai tempat penyimpanan berkas ataupun peralatan kantor saja, tapi juga telah dilengkapi dengan rak khusus untuk berbagai keperluan lainnya, seperti tempat menyimpan printer, botol minuman, bahkan dekorasi.

Jika kamu ingin memaksimalkan space di area ruang kerja atau lingkungan kantor, maka lemari kantor multifungsi ini sangatlah pas untuk dipilih karena bisa digunakan untuk berbagai macam kebutuhan tanpa harus mengambil banyak tempat. Selain itu, lemari kantor multifungsi pun sangatlah pas diadopsi oleh ruang kerja yang mengusung konsep minimalis atau Japandi

6. Lemari Kantor Arsip

Ada pula lemari kantor khusus arsip yang umum disebut dengan istilah filing cabinet. Biasanya, model lemari ini dibuat menggunakan bahan baja dan terdiri dari dua hingga empat laci dengan dilengkapi kunci pada masing-masing lacinya. Dengan demikian, dokumen yang tersimpan didalamnya tetap aman dan tentunya mempermudah kamu karena bisa memisahkan dokumen sesuai dengan kebutuhan. Untuk lemari arsip berukuran kecil hingga sedang yang memiliki dua laci, penempatannya pun bisa kamu letakkan di sebelah meja kerja agar gampang diakses.

Saat memilih lemari kantor khusus arsip, kamu bisa menentukan ukuran laci yang sesuai dengan ukuran dokumen yang biasa digunakan di kantor agar tidak tertekuk dan tidak mengalami kerusakan saat disimpan. Selain itu, pertimbangkan juga untuk memilih lemari kantor arsip dengan material yang tangguh agar tak mudah mengalami kerusakan, tidak mudah diserang rayap, dan tentunya tahan terhadap kebakaran. 

7. Lemari Kantor Locker

Locker termasuk dalam kategori lemari kantor yang umum digunakan untuk menyimpan berbagai barang personal dari para karyawan agar tidak dibawa ke area kerja dan tentunya membuat lingkungan kerja tetap rapi dan aman. Jenis lemari kantor ini dibuat dari berbagai macam material seperti kayu ataupun besi dan biasanya terdiri dari beberapa kolom yang masing-masingnya dilengkapi dengan kunci agar tetap aman.

Tips Memilih Lemari Kantor

Dalam memilih lemari kantor, tentunya kamu harus memerhatikan sejumlah hal. Pertama, pastikan ukuran lemari yang kamu beli telah sesuai dengan luas kantor agar semua orang yang berada di area kantor tetap leluasa untuk bergerak. Selain itu, pemilihan lemari kantor dengan ukuran yang pas juga akan membuat ruangan tetap terkesan rapi, bersih, dan bebas dari pengap.

Selain itu, pemilihan material pada lemari kantor pun harus kamu perhatikan secara cermat. Saat ini, ada banyak sekali jenis material yang bisa kamu pilih, tapi pastikan kamu memilih material yang awet, tidak mudah rusak, dan tentunya aman, terlebih jika lemari tersebut digunakan untuk menyimpan arsip penting perusahaan.

Jika kamu memiliki budget lebih, kamu bisa memilih lemari kantor yang terbuat dari besi anti api karena tak hanya kokoh, tapi juga bisa melindungi benda ataupun arsip yang ada didalamnya jika terjadi kebakaran. Sementara itu, jika kamu mementingkan estetika ruangan, kamu bisa memilih lemari kantor berbahan kayu yang tak hanya dapat memberikan kesan alami dan hangat, tapi juga membuat kantor terkesan elegan dan berkelas.

Demikianlah beberapa tipe dan model lemari kantor yang bisa kamu pilih. Yuk, langsung saja temukan berbagai pilihan lemari kantor dengan kualitas terbaik dan berdesain cantik di Dekoruma!

Top 10 Categories Furnishing