Apa Itu Roster Beton? Yuk Kenali Manfaatnya untuk Hunian!

Artikel ini dibuat oleh tim konten Dekoruma. Setiap hari, kami menerbitkan cerita mengenai rumah, ikuti di sini.

Lubang angin biasanya terbuat dari beragam material, mulai dari batako, GRC, hingga batu alam. Namun, salah satu material yang populer adalah roster beton. Lubang angin berupa roster beton sering digunakan pada hunian yang berada di wilayah tropis.

Roster beton sendiri memiliki bentuk seperti bata yang dilubangi di bagian tengahnya. Hollow atau rongga tersebut berfungsi efektif untuk menghalau teriknya sinar matahari, menyalurkan udara sejuk, dan menciptakan aksen unik untuk hunian.

Variasi bentuk atau pola yang terdapat pada rongga roster beton memungkinkan kamu untuk melakukan penyesuaian pasokan udara, cahaya matahari, dan angin yang dibutuhkan, begitu pun pada konsep arsitektur hunian yang diusung. Untuk lebih mengenal kegunaan dan keunggulan yang dimiliki roster beton, langsung simak saja yuk penjelasannya di bawah ini!

Roster beton lebih kuat dibandingkan dengan roster jenis lainnya

Roster betonshutterstock.com

Terbuat dari campuran material semen, pasir dan kerikil membuat roster beton memiliki ketahanan yang lebih kuat dibandingkan dengan roster yang terbuat dari kayu, tanah liat, dan semen. Dengan komposisi material penyusun yang lebih kompleks, roster beton resistan terhadap pelapukan yang disebabkan oleh perubahan cuaca.

Roster betonshutterstock.com

Meskipun begitu, roster beton sebaiknya tidak digunakan sebagai penahan struktur bangunan. Rongga yang terdapat di bagian tengahnya membuat roster beton tidak cukup seimbang untuk menahan beban atau tumpuan yang berat.

Roster beton jadi siasat mengoptimalkan potensi alam di wilayah tropis

Roster betonpinterest.com

Tinggal di wilayah tropis dengan cahaya matahari yang berlimpah bisa menjadi sebuah keuntungan. Namun disisi lain, kelebihan cahaya matahari ini malah dapat mengganggu aktivitas yang dilakukan di dalam rumah. Terlalu banyaknya cahaya alami yang masuk menyebabkan suhu ruangan di dalam rumah menjadi panas.

Roster betonshutterstock.com

Dengan memasang roster beton sebagai kulit kedua bangunan (secondary skin) pada fasad rumah, cahaya matahari dapat tersaring sehingga hanya sebagian saja yang diteruskan di dalam rumah. Begitupun dengan udara dan angin yang ada di sekitar rumah, roster beton merupakan jalur sirkulasi yang baik untuk kedua elemen ini sehingga suhu di dalam rumah terasa lebih sejuk dan adem.

Hemat energi dengan roster beton

Roster betonarchdaily.com

Penggunaan roster beton bisa berdampak baik untuk kelestarian lingkungan. Dengan memanfaatkan potensi cahaya alami, udara, dan angin secara maksimal, kamu berarti telah melakukan penghematan energi.

Ruangan yang terisi oleh cahaya alami yang optimal dan pertukaran udara yang lancar sama dengan mengurangi penggunaan listrik dan pendingin ruangan. Roster beton jadi salah satu cara untuk menciptakan hunian nyaman dengan cara yang alami

Nuansa berbeda di fasad rumah dengan roster beton

Roster betonarchdaily.com

Roster beton yang dipasang sebagai tabir surya yang terpasang di fasad rumah tidak hanya menjadi pelindung bagi rumahmu, namun permainan pola pada rongganya juga dapat menghasilkan visual bayangan yang atraktif. Alhasil, tampilan fasad rumah pun terasa lebih ekspresif. Meksi kaya akan fungsi, roster beton tetap menampilkan keindahan yang estetis.

Nggak hanya untuk eksterior rumah, roster beton bisa jadi dekorasi interior yang menarik

Roster betontheconversation.com

Layaknya roster jenis lain, roster beton juga dapat difungsikan sebagai elemen hias inetrior. Beberapa gaya interior rumah yang dapat disempurnakan melalui penggunaan roster beton adalah interior industrialis dan modern. Karena bentuknya yang masif, roster beton bisa disusun dengan mudah menjadi pernik hias taman dalam rumah, seperti bangku dan pot tanaman.

Roster beton yang disusun secara vertikal dapat berfungsi sebagai penyekat antara dua ruangan atau sebagai transisi area indoor dan outdoor. Mengombinasikan roster beton dengan material lain yang lebih soid, seperti tembok dan kayu, akan menghasilkan perpaduan tekstur yang apik.

Roster betontheconversation.com

Beberapa kegunaan yang dimiliki roster beton ini dapat mewujudkan konsep hunian cantik yang sejuk dan nyaman untuk ditinggali. Tertarik untuk mengaplikasikan roster beton di rumah?

Hidupkan juga suasana rumahmu dengan aneka furnitur dari Dekoruma, ya! Dekoruma jual meja makan, sofa minimalis, lemari pakaian, meja teras, rak sepatuottoman, hingga tempat tidur bayi.

Selain furnitur, Dekoruma juga jual peralatan dapur untuk kebutuhan memasakmu, lho! Beberapa merek terkenal pun ada, seperti Fackelmann dan Oxone. Lengkap banget, ‘kan? Yuk, langsung saja cari semua keperluan rumahmu di Dekoruma!

article_cicilan_0_percent
Voucher Dekohouse